Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Penggunaan Media Gambar Siswa Kelas IV Upt SD Negeri 38 Bonto Perak

Authors

  • Kartini Kartini Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Irna Amalia Fitri Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Sulis Sri Padipa Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Ashar Ashar Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11913

Abstract

Kemampuan mengenal huruf merupakan kemampuan yang terlihat sederhana. Namun kemampuan ini harus dikuasai oleh anak SD karena pengenalan terhadap huruf termasuk modal awal memiliki keterampilan membaca. Keterampilan membaca merupakan landasan utama seseorang untuk mengenali tentang berbagai cabang ilmu pengetahuan, dengan kemampuan dan keterampilan membaca seseorang mengetahui segala informasi yang ada disekitarnya dengan mudah. Berdasarkan opservasi awal dengan mengamati proses pembelajaran di kelas IV SD Negeri 38 Bonto Perak sebelum pelaksanaan P2K dengan dominasi penggunaan metode ceramah dan kurangnya pengaplikasian media pembelajaran maka hasil belajar yang dicapai oleh siswa kurang maksimal. Dengan diterapkannya media pembelajaran berupa Gambar dalam proses pembelajaran diharapkan dapat mempermudah Proses pembelajaran dikelas dan dapat memberikan suasana belajar lebih menyenangkan dan dapat membawa dampak pada peningkatan Mengenal Huruf Siswa. Setelah dilaksanakan dua kali tes siklus, pada siklus I Peningkata Kreativitas siswa memperoleh nilai rata-rata 47,25 dengan kategori kurang kreatif. sedangkan Pada siklus II Peningkatan Kreativitas siswa memperoleh nilai rata-rata 85,75 dengan kategori Kreatif, dan pada siklus ke II semua siswa telah mengalami peningkatan yang sangat signifikan.

Downloads

Published

2023-01-26

How to Cite

Kartini, K., Fitri, I. A. ., Sri Padipa, S. ., & Ashar, A. (2023). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Penggunaan Media Gambar Siswa Kelas IV Upt SD Negeri 38 Bonto Perak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5449–5456. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11913