Pengaruh Pembelajaran Daring dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa SMAS IT Bangkinang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7600Abstract
Penenelitian ini bertujuan untuk menguji faktor yang mempengaruhi hasil belajar yaitu pembelajaran daring dan lingkungan belajar pada siswa IPS SMAS IT Bangkinang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa yang aktif mengkuti pembelajaran daring, yaitu siswa kelas X, XI dan XII IPS. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 154 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan untuk menganalisis data menggunakan regresi linier berganda. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran daring dan lingkungan belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan secara silmutan terhadap tingkat hasil belajar. Besar pengaruh diketahui dari nilai Koefisien Determinasi (R2) sebesar 0,657 atau 65,7%, sedangkan sisanya sebesar 34,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.Downloads
Published
2022-10-17
How to Cite
Sari, W. ., Nas, S. ., & Mujiono, M. (2022). Pengaruh Pembelajaran Daring dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa SMAS IT Bangkinang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 5796–5804. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7600
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Warsina Sari, Sakdanur Nas, Mujiono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).