Pengaruh Pembelajaran Daring dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa SMAS IT Bangkinang

Authors

  • Warsina Sari Universitas Riau
  • Sakdanur Nas Universitas Riau
  • Mujiono Mujiono Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7600

Abstract

Penenelitian ini bertujuan untuk menguji faktor yang mempengaruhi hasil belajar yaitu pembelajaran daring dan lingkungan belajar pada siswa IPS SMAS IT Bangkinang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa yang aktif mengkuti pembelajaran daring, yaitu siswa kelas X, XI dan XII IPS. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 154 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan untuk menganalisis data menggunakan regresi linier berganda. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran daring dan lingkungan belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan secara silmutan terhadap tingkat hasil belajar. Besar pengaruh diketahui dari nilai Koefisien Determinasi (R2) sebesar 0,657 atau 65,7%, sedangkan sisanya sebesar 34,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Downloads

Published

2022-10-17

How to Cite

Sari, W. ., Nas, S. ., & Mujiono, M. (2022). Pengaruh Pembelajaran Daring dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa SMAS IT Bangkinang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 5796–5804. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7600