Pengaruh Metode Demonstrasi terhadap Hasil Belajar Siswa Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 3 Kelas IV SD

Authors

  • Artika Manurung Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Yanti Arasi Sidabutar Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Sunggul Pasaribu Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7537

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dan kurangnya minar belajar siswa dalam pembelajaran tema 3 subtema 1 pembelajaran 3 sehingga diperlukannya usaha dan metode guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran demonstrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa tema 3 subtema 1 pembelajaran 3 Kelas IV SD Negeri 091528 Siligason.  Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif  dengan  jenis Quasi eksperimen dengan bentuk Non Equivalent Control Group Design yang terdiri dari kelas kontrol dan kelas eksperimen. Adapun populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas IV SD Negeri 091528 Siligason yang merupakan kelas eksperimen dan siswa kelas siswa kelas IV SD Negeri 091498 Tanah jawa yang merupakan kelas kontrol Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 25 siswa di kelas eksperimen dan 26 siswa di kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes berupa tes PreTest dan PostTest soal pilihan berganda yang berjumlah 20 butir soal. Hasil penelitian pada taraf 0,05 menunjukkan bahwa: Adanya pengaruh metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa tema 3 subtema 1 pembelajaran 3 kelas IV SD Negeri 091528 Siligason. Berdasarkan analisis data nilai PostTest diperoleh nilai thitung = 3,543 dan df = 49 maka ? = 0,05 sehingga pada tabel distribusi ttabel  = 1,676. Artinya thitung > ttabel (3,543 > 1,676). Sedangkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi dapat berpengaruh hasil belajar siswa tema 3 subtema 1 pembelajaran 3 kelas IV SD Negeri 091528 Siligason.

Downloads

Published

2022-10-14

How to Cite

Manurung, A. ., Sidabutar, Y. A. ., & Pasaribu, S. . (2022). Pengaruh Metode Demonstrasi terhadap Hasil Belajar Siswa Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 3 Kelas IV SD . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 5492–5502. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7537

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>