Pengaruh Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Statistika

Authors

  • Margaretha Ervina Sinaga Universitas PGRI Palembang
  • Destiniar Destiniar Universitas PGRI Palembang
  • Nyiayu Fahriza Fuadiah Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7501

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Statistika Kelas VIII SMP Xaverius 6 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode True Eksperimen Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Xaverius 6 Palembang yang berjumlah 60 siswa, Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Xaverius 6 Palembang terdiri dari satu kelas yaitu kelas VIII A, yang terdiri dari 11 laki-laki dan 19 perempuan, dan Kelas VIII B terdiri dari 17 laki-laki dan 13 perempuan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan Tes. Berdasarkan hasil penelitian didapat terdapat pengaruh Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Statistika Siswa SMP Xaverius 6 Palembang.

Downloads

Published

2022-10-13

How to Cite

Ervina Sinaga, . . M. ., Destiniar, D., & Fuadiah, N. F. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Statistika. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 5373–5379. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7501