Pengaruh Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Statistika
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7501Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Statistika Kelas VIII SMP Xaverius 6 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode True Eksperimen Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Xaverius 6 Palembang yang berjumlah 60 siswa, Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Xaverius 6 Palembang terdiri dari satu kelas yaitu kelas VIII A, yang terdiri dari 11 laki-laki dan 19 perempuan, dan Kelas VIII B terdiri dari 17 laki-laki dan 13 perempuan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan Tes. Berdasarkan hasil penelitian didapat terdapat pengaruh Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Statistika Siswa SMP Xaverius 6 Palembang.Downloads
Published
2022-10-13
How to Cite
Ervina Sinaga, . . M. ., Destiniar, D., & Fuadiah, N. F. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Statistika. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 5373–5379. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7501
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Margaretha Ervina Sinaga, Destiniar, Nyiayu Fahriza Fuadiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).