Pengaruh Model Realistic Mathematics Education (RME) Dengan Kearifan Lokal Palembang Terhadap Kemampuan Siswa Memahami Soal Cerita
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7187Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Realistic Mathematics Education dengan kearifan lokal Palembang terhadap kemampuan siswa memahami soal cerita kelas IV. Materi dalam penelitian ini adalah bangun datar persegi panjang, persegi, dan segitiga. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, metode Pre-Experimental Designs dengan bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Analisi data yang digunakan dala penelitian ini adalah uji normalitas dan homogenitas sebagai syarat untuk uji paired samples test. Subjek penelitian ini adalah 22 orang siswa Sekolah dasar Negeri 091 Palembang. Adapun aktivitas dalam penelitian ini yaitu pemberian soal pretes, perlakuan selama 3 kali pertemuan dan pemberian posttest. Pada tes akhir menunjukkan bahwa hasil perhitungan uji t dengan Thitung = 8,976 ? Ttabel = 1,720 maka dapat disimpulkan bahwasannya Ho ditolak dan Ha diterima. artinya model Realistic Mathematics Education dengan kearifan lokal Palembang berpengaruh terhadap kemampuan siswa memahami soal cerita.Downloads
Published
2022-10-02
How to Cite
Kalsum, U. ., Destiniar, D., & Sunedi, S. (2022). Pengaruh Model Realistic Mathematics Education (RME) Dengan Kearifan Lokal Palembang Terhadap Kemampuan Siswa Memahami Soal Cerita. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3695–3702. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7187
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Umi Kalsum, Destiniar Destiniar, Sunedi Sunedi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).