Pengaruh Model Realistic Mathematics Education (RME) Dengan Kearifan Lokal Palembang Terhadap Kemampuan Siswa Memahami Soal Cerita

Authors

  • Umi Kalsum Universitas PGRI Palembang
  • Destiniar Destiniar Universitas PGRI Palembang
  • Sunedi Sunedi Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7187

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Realistic Mathematics Education dengan kearifan lokal Palembang terhadap kemampuan siswa memahami soal cerita kelas IV. Materi dalam penelitian ini adalah bangun datar persegi panjang, persegi, dan segitiga. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, metode Pre-Experimental Designs dengan bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Analisi data yang digunakan dala penelitian ini adalah uji normalitas dan homogenitas sebagai syarat untuk uji paired samples test. Subjek penelitian ini adalah 22 orang siswa Sekolah dasar Negeri 091 Palembang. Adapun aktivitas dalam penelitian ini yaitu pemberian soal pretes, perlakuan selama 3 kali pertemuan dan pemberian posttest. Pada tes akhir menunjukkan bahwa hasil perhitungan uji t dengan Thitung = 8,976 ? Ttabel = 1,720 maka dapat disimpulkan bahwasannya Ho ditolak dan Ha diterima. artinya model Realistic Mathematics Education dengan kearifan lokal Palembang berpengaruh terhadap kemampuan siswa memahami soal cerita.

Downloads

Published

2022-10-02

How to Cite

Kalsum, U. ., Destiniar, D., & Sunedi, S. (2022). Pengaruh Model Realistic Mathematics Education (RME) Dengan Kearifan Lokal Palembang Terhadap Kemampuan Siswa Memahami Soal Cerita. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3695–3702. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7187