Pengaruh Penggunaan Media Diorama Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ips Di SDN 21 Rambutan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10472Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media diorama terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di SDN 21 Rambutan. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis Post-test Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas V SDN 21 Rambutan yang berjumlah 26 siswa, berdasarkan perhitungan pengolahan data dengan uji normalitas dengan hasil posttest kelas kontrol 2,2782744, sedangkan di kelas eksperimen 3,306763. Uji homogenitas dapat diperoleh data varians yaitu, Fhitung 0,897314 dengan Ftabel 2,084189. Dengan hal ini Fhitung 0,897314 ? Ftabel 2,084189 maka Ho diterima sehingga data varians tersebut homogen. Sedangkan untuk uji hipotesis (uji-t) dengan data hasil perhitungan Thitung 2,1338 > Ttabel 1, 68195 yang berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media diorama terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di SDN 21 Rambutan.Downloads
Published
2022-12-23
How to Cite
Sintia, . M., Destiniar, D., & Noviati, N. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Diorama Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ips Di SDN 21 Rambutan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12521–12526. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10472
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Mila Sintia, Destiniar Destiniar, Noviati Noviati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).