Implementasi Pembelajaran Tematik pada Pembelajaran Daring di MIS Amal Ikhlas Sumberjo Kabupaten Labuhanbatu Selatan

Authors

  • Desi Masyitah Sari Universitas Islam Negri Sumatra Utara Medan, Indonesia
  • Sapri Sapri Universitas Islam Negri Sumatra Utara Medan, Indonesia
  • Riris Nurkholidah Rambe Universitas Islam Negri Sumatra Utara Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7411

Abstract

Pembelajaran tematik merupakan suatu pembelajaran yang memadukan beberapa mata pelajaran dalam satu tema untuk memberikan pengalaman bermakna bagi siswa. Pengalaman bermakna maksudnya, anak memahami konsep-konsep yang telah mereka pelajari itu melaui pengalaman langsung dan menghubungkannya dengan konsep lain yang sudah mereka pahami. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tematik, faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran tematik pada pembelajaran daring di MIS Amal Ikhlas Sumberjo Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Metodologi penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif jenis pendekatan naturalistik yang berusaha mengamati, mendeskripsikan, menginterperestasi pengalaman atau tindakan suatu kejadian yang terjadi pada saat sekarang. Sumber data  yang digunakan adalah kepala sekolah, wali kelas dan siswa. Teknik analissi data ada empat tahap, yaitu Pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi Hasil penelitian yang dilakukan yaitu: Pada tahap pelaksanaan merujuk pada RPP yang telah disusun, pendidik menggunakan Whatsapp dengan fasilitas voice note untuk menyampaikan materi pembelajaran dan menggunakan Video call untuk menyampaikan materi berupa gambar atau tulisan yang tidak dipahami dengan menggunakan papan tulis. Kemudian pendidik memancing diskusi dan menguji pemahaman siswa dengan cara bertanya dengan memanggil siswa satu persatu. Selanjutnya guru  memberikan tugas dan dikumpul seminggu sekali. Faktor pendukung dan penghambat, faktor pendukung: orang tua yang mendampingi dan dukungan orang tua seperti fasilitas handphone dan kuota internet. Faktor penghambat: waktu yang singkat dan terbatas, jarang melakukan praktik, kurangnya keseriusan siswa dalam melaksanakan pembelajaran dan jaringan. Dengan demikian dapat disimpulkan implementasi pembelajaran tematik pada pembelajaran daring, layak diterapkan oleh guru sebagai satu solusi untuk meningkatkan pembelajaran.

Downloads

Published

2022-10-10

How to Cite

Sari, . D. M. ., Sapri, S., & Rambe, R. N. (2022). Implementasi Pembelajaran Tematik pada Pembelajaran Daring di MIS Amal Ikhlas Sumberjo Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 4034–4941. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7411