Penanaman Kreativitas Pendidikan Islamiyah pada Anak Didik melalui Kegiatan Festival Anak Sholeh di Desa Gung Pinto Kecamatan Naman Teran Kabupaten Karo
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6754Abstract
Kegiatan pengabdian ini dilatarbelakangi permaslaahn mitra yaitu pada penanaman kreativitas. Kreativitas itu merupakan suatu hal yang tidak diturunkan, karena kreativitas merupakan hasil interaksi potensi kreatif individu dengan lingkungannya. Beberapa upaya yang bisa dilakukan dalam penanaman kreativitas anak adalah salah satunya dengan mengadakan perlombaan, seperti festival anak soleh. Festival anak sholeh merupakan salah satu program kerja bersama yang diselenggarakan oleh mahasiswa PEMA Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah di Desa Gung Pinto. Tujuan diselenggarakannya programfestival anak sholeh ini adalah; (1) untuk meningkatkan semangat dalam belajar agama Islam; (2) untuk mengembangkan minat dan bakat dalam bidang agama; (3) untuk mengembangkan tingkat kreativitas seni; dan (4) untuk meningkatkan rasa percaya diri anak-anak. Pelaksanaan program festival anak sholeh terdapat 3 kegiatan yaitu, lomba hafalan surah pendek, lomba adzan, lomba mewarnai untuk anak PAUD. Metode pelaksanaan yang diterapkan pada program festival anak sholeh ini menggunakan metode pembekalan, pelatihan, dan praktik. Hasil dari program festival anak sholeh ini berupa anak-anak di Desa Gung lebih bersemangat dalam mempelajari agama islam, kemudian anak-anak Desa Gung Pinto juga lebih berani untuk menunjukkan bakat serta rasa percaya dirinya semakin meningkat setelah mengikuti program festival anak sholeh. Hal ini dibuktikan dengan beberapa anak laki-laki di Desa Gung Pinto yang semula tidak berani dalam melakukan adzan setelah dilakukannya pelatihan adzan dalam kegiatan festival anak sholeh menjadi berani untuk melakukan adzanDownloads
Published
2022-09-11
How to Cite
Asmi, . S. ., Lingga, D. R. M. ., Antika, . J. ., & Rambe, R. N. (2022). Penanaman Kreativitas Pendidikan Islamiyah pada Anak Didik melalui Kegiatan Festival Anak Sholeh di Desa Gung Pinto Kecamatan Naman Teran Kabupaten Karo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 1206–1211. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6754
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Sahila Asmi, Dhita Rahma Mogia Lingga, July Antika, Riris Nurkholidah Rambe
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).