Pengembangan Model Hybrid Sinkron Mata Strategi Belajar Mengajar

Authors

  • Listriyanti Palangda Universitas Negeri Manado
  • Henny Nikolin Tambingon Universitas Negeri Manado
  • Viktory Nicodemus Joufree Rotty Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7302

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk : (a) Menghasilkan model hybrid sinkron yang layak dipergunakan pada mata kuliah strategi belajar mengajar; (b) Mengetahui tanggapan mahasiswa terhadap model hybrid sinkron pada mata kuliah strategi belajar mengajar dan (c) Mengetahui keefektifan penggunaan model hybrid sinkron pada mata kuliah strategi belajar mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development ( R & D). Prosedur yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model ADDIE dengan 5 tahap. Uji validasi dalam penelitian ini melibatkan 4 orang ahli dibidangnya masing-masing. Uji coba kelompok kecil melibatkan 7 mahasiswa sedangkan uji coba kelompok besar melibatkan 25 mahasiswa. Penelitian ini juga melibatkan 5 mahasiswa untuk mengobservasi keterlaksanaan kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan: (a) Model hybrid sinkron sangat layak dipergunakan pada mata kuliah strategi belajar mengajar berdasarkan hasil penilaian para ahli pendidikan; (b) Hasil respon terhadap penggunaan model hybrid sinkron ditanggapi sangat baik dengan hasil penilaian 82 % dan (c) Sesuai hasil pengamatan keterlaksanaan model hybrid sinkron yang mengabungkan 3 media dan respon mahasiswa yang sangat baik, maka model dinyatakan efektif dipergunakan pada mata kuliah strategi belajar mengajar.

Downloads

Published

2022-10-07

How to Cite

Palangda, L., Tambingon, H. N. ., & Rotty, V. N. J. . (2022). Pengembangan Model Hybrid Sinkron Mata Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 4440–4449. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7302

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>