Peranan Guru Bimbingan dan Konseling dalam Membina Interaksi Sosial Siswa di SMPN 1 Simpati Kabupaten Pasaman
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6959Abstract
Penelitian ini memfokuskan kepada Peranan Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Membina Interaksi Sosial Siswa Di Smp N 1 Simpati Kabupaten Pasaman. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peranan Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Membina Interaksi Sosial Siswa Di Smp N 1 Simpati Kabupaten Pasaman. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metodologi penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif yaitu dengan menggambarkan kejadian yang terjadi dilapangan. Teknik yang peneliti pilih adalah snowball sampling yaitu informan diambil secara acak. Satu informan dapat memberikan informasi-informasi yang akan dikembangkan. Informan kunci adalah dua guru bimbingan dan konseling dan informan pendukung adalah lima orang siswa SMP N 1 Simpati. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang penulis gunakan adalah reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil dari penelitian diperoleh bahwa peran yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling memperbaiki interaksi sosial siswa yaitu dengan menyusun program bimbingan dan konseling, melaksanakan program bimbingan dan konseling dalam mengatasi intetraksi sosial siswa dengan memberikan layanan yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Evaluasi layanan bimbingan dan konseling dilakukan dengan memberikan layanan segera, hasil analisis dan tindak lanjut dilakukan dengan memberikan layanan konseling perorangan kepada siswa. Pembinaan guru bimbingan dan konseling ini telah terlaksana dengan baik.Downloads
Published
2022-09-20
How to Cite
Nurfatirah, . S. ., Kamal, M., Afrinaldi, . A., & Putra, D. P. . (2022). Peranan Guru Bimbingan dan Konseling dalam Membina Interaksi Sosial Siswa di SMPN 1 Simpati Kabupaten Pasaman. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 2378–2383. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6959
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Siti Nurfatirah, Muhiddinur Kamal, Afrinaldi, Dodi Pasila Putra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).