Pengaruh Strategi Informasi Terhadap Cultural Awareness Pada Siswa di SMPN 1 Pasaman
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.20073Abstract
Penelitian ini beranjak dari fenomena terdapatnya siswa yang kurang memahami akan kesadaran budaya, dimana terdapat siswa yang kurang memahami kesadaran akan budaya yang berbeda, hal itu menjadi baha ejekan atau tawaan semata bagi siswa, karena banyaknya perbedaan dari cara berbicara, gaya dan kebiasaan setiap suku budaya, serta siswa juga membuat kelompok-kelompok atau memilih-milih teman berdasarkan suku budaya yang dimilikinya. Adapun tujuan akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah diberikan strategi informasi terhadap cultural awareness di SMPN 1 Pasaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif Pre Eksperimen model One Group Pretest Posttest Design, populasi adalah siswa kelas VII di SMPN 1 Pasaman, sedangkan sampel penelitian adalah 30 orang siswa yang terindikasi masalah kurangnya pemahaman cultural awareness berdasarkan teknik purposive sampling dan hasil dari pretest, sehingga diberikan treatment berupa strategi informasi. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisa data menggunakan uji Wilcoxon yang mensyaratkan hipotesis diterima apabila nilai sig kecil dari 0,05 dan dibantu aplikasi SPSS versi 26. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji Wilcoxon diketahui nilai sig. p-value sebesar 0,000 < ? (? = 0,05) yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil perhitungan uji Wilcoxon dapat disimpulkan bahwa strategi informasi dapat menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan pemahaman cultural awareness di kelas VII.8 di SMPN 1 Pasaman. Kata Kunci: Strategi Informasi, Cultural AwarenessDownloads
Published
2023-08-31
How to Cite
Eka Putri, M., Rahmi, A. ., Yarni, L., & Putra, D. P. . (2023). Pengaruh Strategi Informasi Terhadap Cultural Awareness Pada Siswa di SMPN 1 Pasaman. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(4), 879–886. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i4.20073
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Molina Eka Putri, Alfi Rahmi, Linda Yarni, Dodi Pasila Putra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).