Upaya Guru dalam Menumbuhkan Kepercayaan Diri Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Ampek Angkek
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7317Abstract
Penelitian ini membahas tentang upaya guru dalam menumbuhkan kepercayaan diri anak berkebutuhan khusus di sekolah luar biasa (SLB) Negeri 1 Ampek Angkek. Guru sebagai pendidik memiliki peranan yang besar dalam mendidik dan mengembangkan rasa kepercayaan diri anak di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam menumbuhkan kepercayaan diri anak berkebutuhan khusus di SLB Negeri 1 Ampek Angkek. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) bersifat deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan suatu fenomena/peristiwa yang terjadi di lapangan yang kemudian dianalisis. Dalam penelitian yang menjadi informan kunci adalah guru dan yang menjadi informan pendukung adalah kepala sekolah. Untuk memperolah data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan untuk pengolahan data peneliti menggunakan metode reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil peneliti dilapangan yaitu dimana hasil upaya yang dilakukan guru dalam menumbuhkan kepercayaan diri anak dapat dikategorikan sangat baik, dan dari hasil wawancara peneliti menunjukan bahwa upaya yang dilakukan guru dalam menumbuhkan percaya diri anak adalah dengan memberikan pujian dan perhatian. Pemberian pujian dan perhatian pada anak memberikan pengaruh yang postif dalam proses menumbuhkan percaya dirinya. Pujian dan perhatian dari guru, orang tua dan lingkungan menjadi motivator bagi anak untuk berani menampilkan dirinya dan terhindar dari rasa takut. Pujian dan perhatian juga menjadi pemenuhan atas kebutuhan dasarnya yang berupa penghargaan, perasaan tersebut akan membawa anak untuk mampu mencapai aktualisasi dirinya yang ditampilkan melalui rasa percaya diri.Downloads
Published
2022-10-07
How to Cite
Mahardika, . . A. G. ., Putra, D. P. ., M, I. ., & Syam, H. . (2022). Upaya Guru dalam Menumbuhkan Kepercayaan Diri Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Ampek Angkek. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 4342–4350. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7317
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Anne Gustri Mahardika, Dodi Pasila Putra, Iswantir M, Hidayani Syam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).