Strategi Pembelajaran Luring Sejarah Kebudayaan Islam Pada Masa Pandemi Covid-19 Di MAN 4 Agam

Authors

  • Lisa Anggra Yani UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Iswantir M UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Wedra Aprison UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Arman Husni UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6866

Abstract

Penelitian ini bertujuan, (1) Mendeskripsikan strategi guru dalam pembelajaran luring SKI pada materi Dinasti Umayyah di Damaskus  kelas X IPS 2 Semester Genap TA. 2021/2022 pada masa pandemi covid-19 di MAN 4 Agam, (2) Mengetahui kendala pembelajaran luring SKI pada materi Dinasti Umayyah di Damaskus  kelas X IPS 2 Semester Genap TA. 2021/2022 pada masa pandemi covid-19 di MAN 4 Agam. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Informan kunci dari penelitian ini hanya satu orang yaitu Guru Sejarah Kebudayaan Islam kelas X IPS, informan pendukung yaitu  Siswa Kelas X IPS 2 dan kepala sekolah MAN 4 Agam. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik Analisis data: reduksi data, display data (penyajian data), penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data penulis menggunakan  teknik triangulasi data yaitu dengan membandingkan hasil wawancara  yang dilakukan pada informan kunci dan pendukung dengan mengamati secara langsung oleh penulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi Pembelajaran luring Sejarah Kebudayaan Islam pada masa pandemi covid-19 di MAN 4 Agam telah dilaksanakan dengan baik tetapi belum terlaksana secara maksimal, guru telah membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai dengan aturan pembelajaran pada masa pandemi covid-19, menggunakan berbagai macam metode pembelajaran diantaranya metode ceramah dan tanya jawab, menggunakan media power point dan video, serta melakukan interaksi dan pendekatan yang cukup baik, melakukan evaluasi sesuai dengan strategi pembelajaran luring dan melakukan remedial, (2) Kendala Pembelajaran Luring Sejarah Kebudayaan Islam pada masa pandemi covid-19 di MAN 4 Agam, keterbatasan  tenaga pendidik, minimnya alokasi waktu yang membuat peserta didik susah memahami pembelajaran, fasilitas sarana prasarana yang kurang memadai.

Downloads

Published

2022-09-15

How to Cite

Yani, . . L. A. ., M, . I. ., Aprison, W. ., & Husni, A. . (2022). Strategi Pembelajaran Luring Sejarah Kebudayaan Islam Pada Masa Pandemi Covid-19 Di MAN 4 Agam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 1802–1811. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6866

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>