Implementasi Inovasi Pembelajaran PAI Berbasis Multiple Intellegences
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6865Abstract
Teori Multiple Intelligences (MI) muncul sebagai bentuk krtitik terhadap teori Intellectual Quotient (IQ) yang membatasi kecerdasan hanya pada kecerdasan Logis-Matematis dan Linguistik saja. Sementara dalam teori MI terdapat Sembilan kecerdasan manusia yakni: (1) Kecerdasan Liguistic, (2) Kecerdasan Logis-Matematic, (3) Kecerdasan Visual-Spasial, (4) Kecerdasan Kinestetik, (5) Kecerdasan Musik, (6) Teori Multiple Intelligences (MI) muncul sebagai bentuk krtitik terhadap teori Intellectual Quotient (IQ) yang membatasi kecerdasan hanya pada kecerdasan Logis-Matematis dan Linguistik saja. Sementara dalam teori MI terdapat Sembilan kecerdasan manusia yakni: (1) Kecerdasan Liguistic, (2) Kecerdasan Logis-Matematic, (3) Kecerdasan Visual-Spasial, (4) Kecerdasan Kinestetik, (5) Kecerdasan Musik, (6) Kecerdasan Interpersonal, (7) Kecerdasan Intrapersonal, (8) Kecerdasan Naturalis, (9) Kecerdasan Eksistensialis. Teori ini memahami bahwa setiap anak yang lahir ke dunia adalah unik dan patut mendapat pengakuan dan penghargaan dalam kehidupan pendidikan dasarnya. Karena pendidikan adalah tempat anak didik membentuk dan mengembangkan potensinya, sehingga mampu menunaikan tugasnya sebagai khalifah di muka bumi dan membawa rahmat bagi seluruh alam semesta. Pembelajaran berbasis MI merupakan bentuk pembelajaran inovatif yang dapat menjadi pilihan bagi guru pendidikan agama Islam di Indonesia. Menerapkan pembelajaran berbasis MI berarti menggunakan pendekatan interdisipliner dalam pengembangan materi pembelajaran, pembelajaran multi-model dan penilaian dunia nyata dalam penilaian pembelajaran. Hal ini untuk mengakomodir keragaman intelektual yang dimiliki siswa.Downloads
Published
2022-09-15
How to Cite
Azis, A. B. ., Sofa, M. L. ., & Amin, A. . (2022). Implementasi Inovasi Pembelajaran PAI Berbasis Multiple Intellegences. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 1790–1802. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6865
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ahmad Bahrudin Azis, Mochamad Lutfan Sofa,Alfauzan Amin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).