Penerapan History Card Melalui Model Take And Give Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X IPS 3 SMAN 11 Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6839Abstract
Kegiatan pembelajaran seringkali terjadi cenderung monoton dan membosankan, sehingga membuat kebanyakan dari peserta didik bersikap pasif. Sementara itu siswa dituntut untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran. Hal ini memberikan gambaran tentang rendahnya motivasi belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran. Rendahnya motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah penggunaan model dan media pembelajaran yang kurang bervariasi. Oleh karena itu, inovasi seorang guru dari segi model maupun media pembelajaran memiliki peran penting. Guru harus bisa menggunakan model dan media pembelajaran yang menarik agar siswa termotivasi dalam proses pembelajaran serta tercapainya tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah dengan menggunakan model take and give dengan media history card. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dengan prosedur penelitian yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subyek pada penelitian ini adalah kelas X IPS 3 SMAN 11 Pekanbaru dengan subyek penelitian yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini data yang diperoleh dari tiap-tiap siklus diolah dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif analitik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa siklus I yaitu 57,57 % kemudian meningkat pada siklus II menjadi 82,89 % dan telah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu 60%. Kemudian motivasi belajar siswa siklus I memperoleh persentase rata-rata sebesar 59,97 % dan meningkat pada siklus II menjadi 84,96 % dan telah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu 75%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model take and give dengan media history card dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.Downloads
Published
2022-09-15
How to Cite
Parenti, D. ., Ibrahim, B., & Bunari, B. (2022). Penerapan History Card Melalui Model Take And Give Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X IPS 3 SMAN 11 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 1670–1676. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6839
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Dini Parenti, Bedriati Ibrahim, Bunari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).