Inovasi Pendidikan Multikultural dalam Masyarakat Plural

Authors

  • Harun Harun Universitas Islam Negeri Fatmawati Bengkulu
  • Muhamad Nasrudin Universitas Islam Negeri Fatmawati Bengkulu
  • Alfauzan Amin Universitas Islam Negeri Fatmawati Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6824

Abstract

Tulisan ini mengkaji dan mendeskripsikan mengenai inovasi pendidikan multikultural dalam masyarakat plural. Pendidikan multikultural dapat dikatakan sebagai respon terhadap fenomena budaya, sosial, dan konflik etnis yang muncul di tengah masyarakat yang berlandaskan multikultural. Penelitian bertujuan untuk menjelaskan Pluralisme dan Islam sebagai entitas yang tidak bisa dipisahkan. Dapat dibedakan secara konseptual namun tidak bisa dipisahkan dalam realitas nyata. Metode yang dipakai didalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan, atau dapat digunakan dalam bahan pustaka sebagai sumber informasi untuk menjawab permasalahan tentang pendidik dalam pendidikan. Islam dan Pluralisme Pendidikan Agama menjadikan agama sebagai konsep untuk menimbulkan rasa persatuan dalam ranah ukhuwah basyariyah dalam memajukan dan meningkatkan mutu pendidikan; Oleh karena itu, sistem pendidikanlah yang menjadikan agama sebagai nilai moral dan bukan lembaga formal yang terbentuk.

Downloads

Published

2022-09-13

How to Cite

Harun, H., Nasrudin, M. ., & Amin, A. . (2022). Inovasi Pendidikan Multikultural dalam Masyarakat Plural. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 1601–1612. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6824

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>