Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Motivasi Belajar PKn Siswa Kelas V SDN Peninggilan 1

Authors

  • Mia Khofifaturrahmah Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Sri Haryati Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Saktian Dwi Hartantri Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6604

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar Pkn siswa antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan siswa yang menggunakan pembelajaran secara konvensional. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi eskperimental. Subjek populasi dalam penelitian ini adalah Siswa kelas V SDN Peninggilan 1, dengan mengambil sampel dua kelas sebanyak 64 siswa yaitu kelas VA berjumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VB berjumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan skala motivasi belajar sebagai data utama dengan didukung lembar soal (test).  Hasil pengujian hipotesis dengan uji t pada akhir pembelajaran (posttest) pada kelas kontrol dan kelas eksperimen pada kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh thitung = 3,11 dengan taraf signifikansi 95 % (? = 0,05) diperoleh ttabel = 1,998 karena 3,11 > 1,998 (thitung > ttabel) maka Ho ditolak. Hasil pengujian hipotesis dengan uji t pada skala motivasi (angket) pada kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh thitung = 6,751 dengan taraf signifikansi 95 % (? = 0,05) diperoleh ttabel = 1,998 karena 6,751 > 1,998 (thitung > ttabel) maka Ho ditolak. Dengan demikian pada akhir pembelajaran terdapat perbedaan motivasi belajar PKn siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Dengan demikian, berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh dan meningkatkan motivasi belajar PKn siswa kelas V.

Downloads

Published

2022-09-06

How to Cite

Khofifaturrahmah, . . M. ., Haryati, S. ., & Hartantri, S. D. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Motivasi Belajar PKn Siswa Kelas V SDN Peninggilan 1. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 318–323. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6604