Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran IPA Kelas 5 di SDN Pinang 1 Kota Tangerang

Authors

  • Nadia Nurrohmah Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Ferry Perdiansyah Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Saktian Dwi Hartantri Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7064

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif siswa kelas 5 di SDN Pinang 1 Kota Tangerang. Dan untuk mengetahui faktor penyebab siswa kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran IPA siswa kelas 5 SDN Pinang 1 Kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis metode penelitian deskriptif kualitatif yang dimaksudkan untuk mendeskripsikan tentang kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran IPA. Subjek penelitian ini adalah siswa di kelas 5 SDN Pinang 1 Kota Tangerang. Hasil penelitian ini kemampuan berpikir kreatif melalui praktikum membuat alat pernapasan manusia di SDN Pinang 1 yaitu siswa lebih senang melakukan kegiatan praktikum dibandingkan menjawab soal dengan begitu siswa mampu mengeluarkan banyak ide dengan melakukan percobaan, Adapun faktor yang mempengaruhi keberhasilan kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran IPA di SDN Pinang 1 yaitu siswa, di mana siswa sebagai subjek didik yang ingin melakukan percobaan di setiap pembelajaran terus menerus.

Downloads

Published

2022-09-25

How to Cite

Nurrohmah, . N. ., Perdiansyah, F. ., & Hartantri, S. D. . (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran IPA Kelas 5 di SDN Pinang 1 Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3011–3020. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7064