Pengaruh Metode Picture and Picture terhadap Minat Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri Jelambar 01 Pagi Jakarta Barat

Authors

  • Fitri Alia Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Saktian Dwi Hartantri Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Sri Haryati Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6605

Abstract

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode picture and picture terhadap minat belajar IPS siswa kelas V SD Negeri Jelambar 01 Pagi Jakarta Barat. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan non equivalent control group design. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Jelambar 01 Pagi Jakarta Barat. Adapun populasi dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa kelas V di SD Negeri Jelambar 01 Pagi Jakarta Barat, dalam pengambilan sampel peneliti dilakukan dengan Sampling purposive untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah test dan non test. Berdasarkan hasil analisis data yang dihitung maka dapat disimpulkan hasil uji t pada akhir pembelajaran (posttest) pada kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh diperoleh thitung = 8,06 dengan taraf signifikansi 95 % (? = 0,05) diperoleh ttabel = 2,00 karena 8,06 > 2,00 (thitung > ttabel) maka Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel artinya metode picture and picture mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat belajar IPS siswa kelas V di SD Negeri Jelambar 01 Pagi Jakarta Barat.

Downloads

Published

2022-09-06

How to Cite

Alia, F. ., Hartantri, S. D., & Haryati, S. . (2022). Pengaruh Metode Picture and Picture terhadap Minat Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri Jelambar 01 Pagi Jakarta Barat. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 324–334. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6605