Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Memahami Konsep Matematika Menggunakan Pendekatan Realistic Matematika Education (RME)

Authors

  • Rizcky Juliawan STKIP Harapan Bima
  • A. Haris STKIP Harapan Bima
  • Muhammad Salahuddin STKIP Harapan Bima
  • Ika Purnama Sari STKIP Harapan Bima

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.6310

Abstract

Pendidikan pada hakikatnya harus kontekstual dan tidak terlepas dari permasalahan dunia nyata peserta didik. Keikutsertaan dunia nyata peserta didik dalam aktivitas pembelajaran akan mempermudah pemahaman peserta didik dalam konsep pembelajaran yang diampuh. Salah satu pendekatan yang efektif dalam pembelajaran, khususnya pembelajaran matematika adalah pendekatan RME. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan siswa dalam memahami konsep matematika menggunakan pendekatan RME. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode studi pustaka.  Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan instrumen analisis lembar artikel. Sumber data penelitian ini berasal dari pelbagai bahan pustaka dari online dan offline. Data-data yang digunakan berupa angka-angka dan kalimat berdasarkan permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumen. Adapun teknik analisis data yang digunakan ialah teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu penggunaan pendekatan RME dalam memahami konsep matematika pada pembelajaran matematika berdampak positif. Adapun dampak positif yang didapatkan yaitu siswa menjadi lebih aktif dalam belajar, siswa bebas mengeksplorasi pengetahuan dan menumbuhkan keberanian untuk mencoba hal baru. Dampak dari penggunaan pendekaatan RME memberikan kompetensi khusus bagi siswa yaitu menemukan dan memahami konsep materi belajar lebih mendalam. Pemahaman tersebut digunakan siswa untuk menyelesaikan masalah kontekstual. Siswa mencari dan memperoleh caranya sendiri yang telah dipahami dan dimengerti. RME menuntut siswa lebih mandiri dan tidak lepas dari kehidupan nyata yang tidak terlepas dengan kehidupan sehari-harinya.

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Juliawan, R. ., Haris, . A. ., Salahuddin, M. ., & Sari, I. P. . (2022). Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Memahami Konsep Matematika Menggunakan Pendekatan Realistic Matematika Education (RME). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2605–2611. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.6310