Profil Hambatan Komunikasi Psikologis Peserta Didik Kelas VII di SMP Negeri 10 Padang

Authors

  • Siti Nur Fatimah Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Citra Imelda Usman Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Rila Rahma Mulyani Universitas PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6258

Abstract

Penelitian ini melihat fenomena masih adanya peserta didik yang mengalami hambatan komunikasi psikologis. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan 1) Hambatan komunikasi perbedaan kepentingan peserta didik, 2) Hambatan komunikasi prasangka peserta didik, 3) Hambatan komunikasi stereotip peserta didik, 4) Hambatan komunikasi motivasi peserta didik.  Populasi penelitian  adalah peserta didik kelas VII di SMP Negeri 10 Padang yang berjumlah 270 orang peserta didik. Dengan teknik Purposive Sampling, sampel berjumlah 60 orang peserta didik. Sumber data penelitian adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data berupa angket  dan diolah dengan teknik persentase. Hasil penelitian ini mengungkapkan secara umum berada pada kategori peserta didik mengalami hambatan komunikasi. Kemudian pada indikator 1) Perbedaan kepentingan berada pada kategori peserta didik mengalami hambatan komunikasi, 2) Prasangka berada pada kategori peserta didik mengalami hambatan komunikasi, 3) Stereotip berada pada kategori peserta didik mengalami hambatan komunikasi, dan 4) Motivasi berada pada kategori peserta didik mengalami hambatan komunikasi. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti merekomendasikan kepada guru bimbingan dan konseling diharapkan lebih memperhatikan dan membantu peserta didik dalam meningkatkan kemampuan komunikasi psikologis agar peserta didik mampu berinteraksi dengan teman-temannya di sekolah dan dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik. Guru mata pelajaran diharapkan lebih dapat memperhatikan bagaimana komunikasi psikologis sikap sosial dan cara belajar peserta didik yang mengalami hambatan komunikasi dalam belajar dan bersosialisasi dan Kepala sekolah, agar dapat mengoptimalkan mendukung terhadap kegiatan yang dilaksanakan oleh guru bimbingan dan konseling di sekolah. Disarankan kepada peserta didik dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi baik dalam belajar maupun dalam bersosialisasi.

Downloads

Published

2022-08-23

How to Cite

Fatimah, S. N. ., Usman, C. I. ., & Mulyani, R. R. . (2022). Profil Hambatan Komunikasi Psikologis Peserta Didik Kelas VII di SMP Negeri 10 Padang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 4928–4933. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6258