Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas XII SMK N 1 Semarang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8269Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepercayaan diri dengan keterampilan komunikasi interpersonal siswa kelas XII SMK N 1 Semarang. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh dengan populasi 95 siswa, dari kelas XII PSPR, XII PSPT, XII TOI. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologis yaitu skala kepercayaan diri dan skala keterampilan komunikasi interpersonal. Sampel penelitian dari kelas XII PSPT dan XII TOI sejumlah 63 siswa. Berdasarkan uji korelasi pearson product moment, diperoleh nilai korelasi r hitung 0,635. Sedangkan r tabel dengan taraf signifikansi 5% diperoleh sebesar 0,244, sehingga nilai r hitung 0,635 > r tabel 0,244. Maka terdapat hubungan yang signifikan antara kepercayaan diri dengan keterampilan komunikasi interpersonal siswa kelas XII SMK N 1 Semarang. Hubungan menunjukkan positif artinya jika kepercayaan diri semakin tinggi maka keterampilan komunikasi interpersonal siswa semakin tinggi, sebaliknya jika kepercayaan diri rendah maka keterampilan komunikasi interpersonal siswa juga rendah.Downloads
Published
2022-11-03
How to Cite
Puspitasari, D. ., Retnaningdyastuti, M. T. S. R. ., & Maulia, D. . (2022). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas XII SMK N 1 Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 859–866. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8269
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Desanda Puspitasari, M. Th. S. R. Retnaningdyastuti, Desi Maulia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).