The Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Perencanaan Karir Peserta Didik Kelas XI SMK Negeri 1 Demak
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12711Abstract
Karir merupakan sebuah kemajuan bagi seorang individu dalam mencapai tujuan hidupnya. Namun dalam mencapai karir perlu adanya perencanaan yang matang. Dalam perencanaan karir juga dipengaruhi oleh kepribadian diri sendiri yaitu konsep diri merupakan gambaran diri untuk mengenal diri agar dapat lebih mudah untuk mencapai tujuan hidup yaitu karir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan perencanaan karir peserta didi kelas XI SMK Negeri 1 Demak. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMK Negeri 1 Demak. Pengambilan sampel menggunakan Teknik Propotional Cluster Random Samplingdengan jumlah sampel 229 peserta didik. Pengambilan data menggunakan dua skala yaitu skala konsep diri terdiri dari 16 item valid dan skala perencanaan karir terdiri dari 15 item valid yang sudah di uji cobakan pada 36 peserta didik kelas XI. Hasil analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana menunjukan adanya hubungan positif antara konsep diri dengan perencanaan karir dengan koefisien korelasi r = 0,458 dan signifinkansi 0,000 yang artinya semakin positif konsep diri maka semakin tinggi perencanaan karir dan sebaliknya. Konsep diri memberikan kontribusi efektif sebesar 21% terhadap perencanaan karir.Downloads
Published
2023-03-09
How to Cite
Anggraini, D. N., Rakhmawati, D. ., & Widiharto, . C. A. . (2023). The Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Perencanaan Karir Peserta Didik Kelas XI SMK Negeri 1 Demak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 375–378. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12711
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Dian Novita Anggraini, Dini Rakhmawati, Chr. Argo Widiharto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).