Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Servis Forehand Panjang Dalam Pembelajaran Bulu Tangkis di SMPN 2 Bungursari
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6133Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap teknik dasar Servis forehand panjang Bulutangkis. Metode yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen, desain yang digunakan pada penelitian ini adalah pretest-postest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Bungursari, sedangkan sampel penelitian ini yaitu secara purposive sampling, dijadikan satu kelompok eksperimen. Hasil pengelolahan data dan analisis data menunjukan bahwa data pada kelompok eksperimen berdistribusi normal. Hasil pengujian hipotesis media pembelajaran audio visual didapat nilai tes awal mean 14,76, standar deviasi 1.85, nilai minimum 12, dan maksimum 18 dan tes akhir mean 24.58, standar deviasi 1.12, nilai minimum 23, dan maksimum 27. Berdasarkan hasil perhitungan data tes awal dan tes akhir dengan menggunakan pendekatan statistik uji-t kelompok metode latihan terpusat thitung = 18.903 taraf nyata/signifikan ? = 0,05 dan ttabel (1.694) dengan dk = 32 (1.694). Kriteria pengujian adalah, diterima jika – t l-1/2 ?< t hitung< t l-1/2 ?. Hasil tersebut menunjukan teknik dasar servis forehand Panjang Bulutangkis meningkat apabila menggunakan model pembelajaran yang berbeda. Maka dapat disimpulkan rata-rata kemampuan servis forehand siswa meningkat. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran audio visual memberikan pengaruh terhadap teknik dasar sevis forehand Panjang Bulutangkis pada SMPN 2 Bungursari.Downloads
Published
2022-08-18
How to Cite
Muhamad Rhaditya, Rizki Amudin, & Rahmat Iqbal. (2022). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Servis Forehand Panjang Dalam Pembelajaran Bulu Tangkis di SMPN 2 Bungursari. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 4163–4170. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6133
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Muhamad Rhaditya, Rizki Amudin, Rahmat Iqbal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).