Pengaruh Peer Teaching Model Terhadap Hasil Belajar Teknik Free Throw Bola Basket Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Purwasari Karawang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5964Abstract
Tujuan dari pembuatan skripsi ini untuk mengetahui, menganalisis, dan mengindentifikasi pengaruh yang signifikan Peer Teaching model terhadap hasil belajara Teknik shooting free Throw bola basket pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Purwasari Karawang. Untuk mengetahui, menganalisis, dan mengidentifikasi adakah pengearuh lebih besar antara peer teaching model. Untuk menjawab rumusan masalah penelitian yang telah dirumuskan, penulis menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Penelitian in dilakukan di SMP Negeri 1 Purwasari dengan mengambil 2 kelas sebagai sempel penelitian yaitu VIII A dengan sejumlah siswa 40, dan VIII C dengan sejumlah 40 dari 232 siswa dari jumlah seluruh kelas VIII sebanyak enam kelas. Terdapat tiga tahapan pada penelitian ini, yaitu : Pree-Test, Treatment dan Post-Test. Preetest dilakukan di kedua kelas untuk mengetahui kemampuan awal keterampilan bermain bola basket sebelum mendapatkan treatment. Setelah pree test peneliti memberikan treatment yaitu sebanyak 6 kali pertemuan di kelas eksperimen dan kelas control oleh guru pamong, di kelas eksperimen peneliti menggunakan Peer Teaching model, sedangkan di kelas control guru pamong menggunakan model konvensional (Derect Intruction). Setelah diberikan treatment, selanjutnya peneliti melakukan post test di kedua kelas untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran Peer Teaching di kelas eksperimen. Peneliti diolah menggukan rumus T-hitung dan dibandingkan dengan T-tabel dan signifikasi (<0,05). Hasil penelitian menunjukan bahwa model Peer Teaching memiliki pengatruh yang lebih besar terhadap keterampilan shooting VIII SMP Negeri 1 Purwasari dengan hasil T-hitung sebesar 2,0226 dan dibandingkan T-tabel 1,998972 dengan signifikasi (<0,05) sebesar 0,000.Downloads
Published
2022-08-12
How to Cite
Saeful Yusup, Rizki Aminudin, & Rahmat Iqbal. (2022). Pengaruh Peer Teaching Model Terhadap Hasil Belajar Teknik Free Throw Bola Basket Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Purwasari Karawang . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2987–2994. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5964
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Saeful Yusup, Rizki Aminudin, Rahmat Iqbal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).