Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Teknik Chest Pass Bola Basket Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tirtamulya Karawang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5961Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Teknik Chest Pass Bola Basket Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri I Tirtamulya Karawang. Untuk rumusan masalah penelitian yang telah di rumuskan, penulis menggunakan pendekatan kuantatif dengan metode eksperiment. Penelitian in dilakukan di SMP Negeri I Tirtamulya Karawang dengan mengambil 25 responden dari 429 peserta didik kelas VIII. Terdapat tiga tahapan pada penelitian ini, yaitu : Pree Test, Treatment, dan Poss Test. Pree Test dilakukan keseluruh siswa atau responden untuk mengetahui kemampuan chespass peserta didik sebelum mendapatkan perlakuan. Setelah dilakukan pree test, peneliti memberikan treatment yaitu dengan memberikan model pembelajaran media audio visual kepada kelompok eksperiment sedangkan untuk kelompok kontrol peneliti hanya menggunakan metode komando biasa. Setelah diberikan perlakuan treatment, selanjutnya peneliti melakukan post test kepada kedua kelompok untuk mengetahui adakah pengaruh positif model pembelajaran menggukan media Audio Visual terhadap kemampuan chespass siswa dikelas eksperiment. Penelitian ini diolah menggunakan rumus T-hitung dan dibandingkan dengan T-Tabel. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran menggunakan Media Audio Visual memiliki pengaruh terhadap kemampuan teknik dasar Chespass pada siswa kelas VIII SMP Negeri I Tirtamulya dengan hasil penghitungan T-hitung sebesar 0,52 dan dibandingkan dengan T-Tabel 2,01. Dapat disimpulkan penerapan model pemebelajaran menggunakan media Audio Visual berpengaruh terhadap kemampuan chespass siswa.Downloads
Published
2022-08-12
How to Cite
Evi Nur Indriani, Rizki Aminudin, & Rahmat Iqbal. (2022). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Teknik Chest Pass Bola Basket Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tirtamulya Karawang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2995–3001. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5961
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Evi Nur Indriani, Rizki Aminudin, Rahmat Iqbal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).