Pemanfaatan Platform Whatsapp dalam Pembelajaran SKI di MTsN 1 Padang Pariaman

Authors

  • Muaddyl Akhyar Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi
  • Muhiddinur Kamal Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi
  • Salmi Wati Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi
  • Junaidi Junaidi Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6005

Abstract

Pendidikan memiliki peranan penting dalam pengembangan kepribadian seseorang. Kemajuan di era teknologi saat ini memungkinkan siswa untuk belajar sepenuhnya dengan memanfaatkan berbagai platform pembelajaran. Platform pembelajaran memiliki peran yang sangat penting untuk keberhasilan peserta didik. Dengan adanya penggunaan platform pembelajaran akan mendorong keterlibatan peserta didik terhadap proses belajar, serta memudahkan peserta didik dalam mengetahui materi yang dipelajari. Salah satu media pembelajaran yang mudah dan simpel untuk digunakan yaitu WhatsApp. Penggunaan yang mudah, praktis, cepat, hemat data internet, dan dapat diakses hanya dengan handphone, selain itu juga memiliki berbagai fitur yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan bantuan layanan internet. Platform WhatsApp dinilai dapat membantu guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini mendeskripsikan mengenai pemanfaatan platform WhatsApp dalam pembelajaran SKI di MTsN 1 Padang Pariaman. Data dari penelitian ini diperoleh dari wawancara bersama kepala sekolah, guru SKI, dan juga siswa kelas 7.5 MTsN 1 Padang Pariaman yang menjadi informan dari penelitian ini. Selain itu pengumpulan data juga diperoleh dari dokumentasi hasil dari penelitian. Teknik analisis data dilakukan dengan 3 langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa (1) Pelaksanaan pemanfaatan WhatsApp sebagai platform pembelajaran masih mengalami berbagai hambatan, akan tetapi dalam penggunaannya sudah sangat membantu dalam kegiatan pembelajaran. (2) Dalam pemanfaatan WhatsApp  terdapat beberapa hambatan seperti gangguan sinyal, kurangnya interaksi guru dan siswa, guru tidak dapat mengontrol siswa dalam belajar, kurangnya motivasi belajar dari siswa, dan  memori Handphone cepat penuh. (3) solusi yang dilakukan untuk mengatasi hambatan yang terjadi yaitu dengan memberikan penjelasan materi yang lengkap saat dilaksanakan pembelajaran tatap muka, memberikan pengertian  kepada orang tua tentang pentingnya kerjasama antara orang tua dan siswa, menghapus sebagian file yang sudah tidak diperlukan lagi.

Downloads

Published

2022-08-12

How to Cite

Akhyar, M. ., Kamal, M. ., Wati, S. ., & Junaidi, J. (2022). Pemanfaatan Platform Whatsapp dalam Pembelajaran SKI di MTsN 1 Padang Pariaman. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 3195–3203. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6005

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>