Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Nilai Multikultural untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS 2 SMAN 1 Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5926Abstract
Keaktifan belajar siswa merupakan salah satu unsur dasar yang paling penting bagi keberhasilan proses pembelajaran, didalamnya berisi aktivitas peserta didik melalui berbagai interaksi dan pengalaman belajar di kelas, Guru dituntut agar memiliki kemampuan dalam mengelola pola pengajaran dengan menggunakan atau menerapkan model-model pembelajaran yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui aktivitas guru dengan penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw berbasis nilai multikultural dalam pembelajaran sejarah di SMAN 1 Pangkalan Lesung Kabupaten pelalawan, (2) Untuk mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran sejarah dengan diterapkannya model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw berbasis nilai multikultural di SMAN 1 Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan, (3) Untuk melihat perkembangan nilai multikultural siswa SMAN 1 Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan, (4) Untuk melihat keaktifan siswa pada mata pelajaran sejarah setelah diterapkannya model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw berbasis nilai multikultural di SMAN 1 Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan siswi kelas XI IPS 2 SMAN 1 Pangkalan Lesung. Teknik analisis data menggunakan lembar observasi guru, lembar observasi siswa, lembar observasi nilai multikultural siswa dan lembar observasi keaktifan belajar siswa. Prosedur penelitian ini terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa setelah di terapkannya model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw berbasis nilai multikultural, dengan jumlah skor aktivitas guru siklus I mencapai skor 29 dengan kategori Baik, aktivitas guru pada siklus 2 mencapai skor 36 dengan kategori Sangat Baik. aktivitas belajar siswa pada siklus 1 mencapai skor 687 dengan kategori Baik dan pada siklus 2 aktivitas belajar siswa mencapai skor 841dengan kategori Sangat Baik. Nilai multikultural siswa siklis I mencapai skor 616 dengan kategori Cukup Baik dan pada siklus II mencapai skor 756 dengan kategori Baik. Sedangkan keaktifan belajar siswa pada siklus 1 mencapai 37,78% dan siklus 2 mencapai 76,96% dan sudah memenuhi kategori tinggi dengan indikator keberhasilan 75%.Downloads
Published
2022-08-09
How to Cite
Hutapea, D. B. ., Ahmal, A., & Yuliantoro, Y. (2022). Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Nilai Multikultural untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS 2 SMAN 1 Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2834–2840. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5926
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Dorasi Br Hutapea, Ahmal, Yuliantoro
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).