Penggunaan Model Pembelajaran Picture And Picture Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Pembelajaran Sejarah Di Kelas X IPS SMAN 1 Bangko Pusako Rokan Hilir
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4890Abstract
Pembelajaran dapat dikatakan efektif apabila mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan sesuai dengan indikator pencapaian. Untuk mengetahui bagaimana memperoleh hasil yang efektif dalam proses pembelajaran, maka sangat penting untuk mengetahui ciri-cirinya. Adapun ciri pembelajaran efektif antara lain : 1) Belajar secara aktif mental dan fisik, 2) Metode yang bervariasi, 3) Motivasi guru terhadap pembelajaran di kelas. Agar dapat menghadirkan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan maka haruslah ada pembaharuan pada cara mengajar dari model pembelajaran yang biasa digunakan ke model pembelajaran yang lebih inovatif. Berdasarkan kepada latar belakang tersebut maka diambil judul yaitu ”Penggunaan Model Pembelajaran Picture and Picture dalam pembelajaran sejarah dapat meningkatkan Motivasi Belajar di kelas X IPS SMAN 1 Bangko Pusako Rokan Hilir” dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pada hasil aktivitas belajar siswa rata-rata tercapai persentase sebesar 79,16% dan telah mencapai rata-rata indikator keberhasilan yaitu 60%. Pada indikator motivasi belajar mencapai 81,64% dan telah mencapai indikator keberhasilan yaitu ? 75%, dari hasil yang telah didapat maka model pembelajaran Picture and Picture ini berhasil meningkatkan motivasi belajar siswa.Downloads
Published
2022-06-24
How to Cite
Nurrahmah, . N., Isjoni, I., & Ahmal, A. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Picture And Picture Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Pembelajaran Sejarah Di Kelas X IPS SMAN 1 Bangko Pusako Rokan Hilir. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1453–1457. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4890
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Nurrahmah, Isjoni, Ahmal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).