Potensi Lingkungan Sebagai Sumber Belajar dan Media Pembelajaran di Sekolah Adat Kampoeng Batara Kabupaten Banyuwangi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5925Abstract
Lingkungan dapat menjadi salah satu sumber belajar peserta didik untuk memahami pengetahuan dan mengasah kemampuan tertentu. Selain sebagai sumber belajar, lingkungan juga dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Keberadaan Dusun Papring, Kampoeng dan Sekolah Adat Batara dapat menjadi salah satu alternatif solusi permasalahan guru dalam memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar dan media pembelajaran yang relevan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini bertujuan mendeskripsikan potensi Dusun Papring, Kampoeng Batara baik yang bersifat fisik, sosial dan budaya yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar. Selanjutnya hasil deskripsi ini dapat dikembangkan menjadi media pembelajaran, khususnya dalam kajian bidang ilmu Pendidikan Geografi serta Bahasa dan Sastra Indonesia. Teknik pengumpulan data dilakukan secara observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model interaksi Miles dan Huberman. Pengujian keabsahan data yang diperoleh dari informan menggunakan teknik triangulasi data. Ditemukan hasil bahwa dalam lingkungan belajar di Dusun Papring, Kampoeng Adat Batara terdapat empat potensi yang dikelompokkan menjadi potensi alam, sosial, budaya dan pariwisata. Ini menjadi dasar bahwa lingkungan belajar dengan potensi yang ada di dalamnya dapat menjadi sumber belajar dan media pembelajaran. Selanjutnya, dalam kajian Pendidikan Geografi serta Bahasa dan sastra indonesia, potensi alam, sosial, budaya dan pariwisata dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar dan media belajar yang relevan dengan muatan materi pembelajaran baik di sekolah formal maupun nonformal.Downloads
Published
2022-08-09
How to Cite
Ningsih, M. P. ., Maulani, C. Y. ., Setyadi, T. ., & Arum, D. P. . (2022). Potensi Lingkungan Sebagai Sumber Belajar dan Media Pembelajaran di Sekolah Adat Kampoeng Batara Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2825–2833. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5925
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Prani Ningsih, Christin Yunita Maulani, Taufik Setyadi, Dewi Puspa Arum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).