Penerapan Detailed Reading Strategy (DRS) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman pada Mahasiswa Universitas Gresik
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4577Abstract
Kesulitan mahasiswa dalam penerapan membaca pemahaman disebabkan oleh beberapa hal seperti (1) kurang memahami pesan yang ada pada sebuah teks, (2) memahami sebuah teks harus pula memahami bahasa itu sendiri, (3) Membaca adalah sebuah proses berpikir dan proses interaksi. Sehubungan dengan itu, upaya peningkatan mutu kemampuan membaca mahasiswa perlu di lakukan dengan menerapkan Detailed Reading Strategy (DRS). Tujuan penelitian ini, yaitu (1) mendeskripsikan manfaat penerapan Detailed Reading Strategy (DRS) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman, (2) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan Detailed Reading Strategy (DRS) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman, dan (3) mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa dan pemahaman isi bacaan dengan penerapan Detailed Reading Strategy (DRS). Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif yang hasilnya ditunjang oleh data kuantitatif dan analisis data yang dilakukan bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, pretest, dan posttest membaca pemahaman dengan penerapan Detailed Reading Strategy (DRS). Sumber data dalam penelitian adalah 40 orang mahasiswa Universitas Gresik yang mengikuti mata kuliah Bahasa Indonesia. Terdapat temuan 8 manfaat dan 9 tahapan dalam implementasi Detailed Reading Strategy (DRS) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman. Terdapat peningkatan nilai di semua aspek hasil belajar mahasiswa. Terdapat peningkatan kriteria ketuntasan hasil belajar yang semula “kurang” dalam Siklus I menjadi menjadi kategori “baik” dalam Siklus II. Terdapat peningkatan rata-rata nilai tes objektif dan subjektif senilai 80 dan 75 pada siklus II. Tingkat keberhasilan setara dengan standar nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan oleh dosen selaku pemberi test, yakni 75. Dengan nilai mahasiswa yang telah mencapai 75, penerapan Detailed Reading Strategy (DRS) dianggap berhasil untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman.Downloads
Published
2022-06-08
How to Cite
Hanik, S. U. ., & Arum, D. P. . (2022). Penerapan Detailed Reading Strategy (DRS) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman pada Mahasiswa Universitas Gresik. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 843–853. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4577
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Siti Umi Hanik, Dewi Puspa Arum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).