Penerapan Detailed Reading Strategy (DRS) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman pada Mahasiswa Universitas Gresik

Authors

  • Siti Umi Hanik Universitas Gresik
  • Dewi Puspa Arum UPN Veteran Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4577

Abstract

Kesulitan mahasiswa dalam penerapan membaca pemahaman disebabkan oleh beberapa hal seperti (1) kurang memahami pesan yang ada pada sebuah teks, (2) memahami sebuah teks harus pula memahami bahasa itu sendiri, (3) Membaca adalah sebuah proses berpikir dan proses interaksi. Sehubungan dengan itu, upaya peningkatan mutu kemampuan membaca  mahasiswa perlu di lakukan dengan menerapkan Detailed Reading Strategy (DRS). Tujuan penelitian ini, yaitu (1) mendeskripsikan manfaat penerapan  Detailed Reading Strategy (DRS) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman, (2) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan  Detailed Reading Strategy (DRS) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman, dan (3) mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa dan pemahaman isi bacaan dengan penerapan Detailed Reading Strategy (DRS). Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif yang hasilnya ditunjang oleh data kuantitatif dan analisis data yang dilakukan bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, pretest, dan posttest membaca pemahaman dengan penerapan Detailed Reading  Strategy (DRS).  Sumber data dalam penelitian adalah 40 orang mahasiswa Universitas Gresik yang mengikuti  mata kuliah Bahasa Indonesia. Terdapat temuan  8 manfaat dan 9 tahapan  dalam implementasi Detailed Reading Strategy (DRS) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman. Terdapat peningkatan nilai di semua aspek hasil belajar mahasiswa. Terdapat  peningkatan kriteria ketuntasan hasil belajar yang semula “kurang” dalam Siklus I menjadi  menjadi kategori “baik” dalam Siklus II. Terdapat peningkatan rata-rata nilai tes objektif dan subjektif senilai 80 dan 75 pada siklus II. Tingkat keberhasilan setara dengan standar nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan oleh dosen selaku pemberi test, yakni 75. Dengan  nilai  mahasiswa yang telah mencapai 75, penerapan Detailed Reading Strategy (DRS) dianggap berhasil untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman.

Downloads

Published

2022-06-08

How to Cite

Hanik, S. U. ., & Arum, D. P. . (2022). Penerapan Detailed Reading Strategy (DRS) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman pada Mahasiswa Universitas Gresik. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 843–853. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4577