Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) Dalam Membangun Kompetensi Calon Guru Geografi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.13647Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan tahapan PLP II dalam membangun kompetensi kompetensi calon guru geografi dalam PLP 2. Kompetensi yang dibangun adalah kompetensi pedagogi, profesional, sosial dan kepribadian. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif di di SMAN 4 Tasikmalaya. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data melaui model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitia ini menunjukkan bahwa tahapan PLP II meliputi, 1) tahap observasi, 2) tahap latihan praktik mengajar, 3) tahap monitoring; dan 4) tahap pelaporan dan ujian praktik mengajar. Mahasiswa peserta PLP II dapat membangun kompetensinya sebagai calon guru geografi, yaitu kompetensi pedagogi, profesional, sosial dan kepribadian. Beberapa faktor yang mendukung terlaksananya PLP II dalam membangun kompetensi calon guru geografi adalah komunikasi antar birokrasi yang berjalan dengan baik, kualitas sumber daya di perguruan tinggi dan sekolah mitra yang mendukung implementasi PLP II serta kebijakan dari birokrasi yang memberikan kemudahan dalam pelaksanaan PLP di SMAN 4 Tasikmalaya.Downloads
Published
2023-02-25
How to Cite
Ningsih , M. P. . (2023). Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) Dalam Membangun Kompetensi Calon Guru Geografi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 6110–6121. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.13647
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Mega Prani Ningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).