Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) Dalam Membangun Kompetensi Calon Guru Geografi

Authors

  • Mega Prani Ningsih Universitas Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.13647

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan tahapan PLP II dalam membangun kompetensi kompetensi calon guru geografi dalam PLP 2. Kompetensi yang dibangun adalah kompetensi pedagogi, profesional, sosial dan kepribadian. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif di di SMAN 4 Tasikmalaya. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data melaui model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitia ini menunjukkan bahwa tahapan PLP II meliputi, 1) tahap observasi, 2) tahap latihan praktik mengajar, 3) tahap monitoring;  dan 4) tahap pelaporan dan ujian praktik mengajar. Mahasiswa peserta PLP II dapat membangun kompetensinya sebagai calon guru geografi, yaitu kompetensi pedagogi, profesional, sosial dan kepribadian. Beberapa faktor yang mendukung terlaksananya PLP II dalam membangun kompetensi calon guru geografi adalah komunikasi antar birokrasi yang berjalan dengan baik, kualitas sumber daya di perguruan tinggi dan sekolah mitra yang mendukung implementasi PLP II serta kebijakan dari birokrasi yang memberikan kemudahan dalam pelaksanaan PLP di SMAN 4 Tasikmalaya.

Downloads

Published

2023-02-25

How to Cite

Ningsih , M. P. . (2023). Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) Dalam Membangun Kompetensi Calon Guru Geografi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 6110–6121. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.13647