Analisis Persepsi Orang Tua Terhadap Pendidikan Musik Untuk Anak Usai Dini

Authors

  • Dini Pratiwi Universitas Pendidikan infonesia Kampus Tasikmalaya
  • Resa Respati Universitas Pendidikan infonesia Kampus Tasikmalaya
  • Aini Loita Universitas Pendidikan infonesia Kampus Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5972

Abstract

Pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan yang dimulai pada usia 0-6 tahun, dimana pembelajaran pada anak usia dini bertujuan mengoptimalkan anak pada pertumbuhan dan perkembangan anak serta mengarahkan anak untuk memilih dan dapat mengarahkan dirinya pada jenjang berikutnya, dengan pemberian pendidikan yang optimal pada anak maka proses pertumbuhan dan perkembangan pada anak akan berjalan secara optimal. Dengan adanya pendidikan musik untuk anak usia dini juga dapat mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan, adanya persepsi positif orang tua akan memberikan kelancaran pada pembelajaran musik untuk anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar persepsi orang tua terhadap pendidikan musik untuk anak usia dini. metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif servey, dengan menggunakan beberapa tahap yaitu dengan tahap penyebaran angket, tahap pengumpulan data, tahap analisis data, dan  tahap kesimpulan. Sampel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah orang tua dari siswa anak usia dini dengan jumlah reponden 32 orang. Adapun angket yang digunakan dalam penelitian ini terdapat 25 pernyataan. Dalam penelitian ini dalam penelitian ini peneliti menentukan 4 alternatif skala jawaban yakni sangat setuju (SS), setuju (S), netral (N), tidak setuju (TD).

Downloads

Published

2022-08-12

How to Cite

Pratiwi, D., Respati, R. ., & Loita, . A. . (2022). Analisis Persepsi Orang Tua Terhadap Pendidikan Musik Untuk Anak Usai Dini. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 3012–3016. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5972