Analisis Persepsi Orang Tua Terhadap Pendidikan Musik Untuk Anak Usai Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5972Abstract
Pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan yang dimulai pada usia 0-6 tahun, dimana pembelajaran pada anak usia dini bertujuan mengoptimalkan anak pada pertumbuhan dan perkembangan anak serta mengarahkan anak untuk memilih dan dapat mengarahkan dirinya pada jenjang berikutnya, dengan pemberian pendidikan yang optimal pada anak maka proses pertumbuhan dan perkembangan pada anak akan berjalan secara optimal. Dengan adanya pendidikan musik untuk anak usia dini juga dapat mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan, adanya persepsi positif orang tua akan memberikan kelancaran pada pembelajaran musik untuk anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar persepsi orang tua terhadap pendidikan musik untuk anak usia dini. metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif servey, dengan menggunakan beberapa tahap yaitu dengan tahap penyebaran angket, tahap pengumpulan data, tahap analisis data, dan tahap kesimpulan. Sampel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah orang tua dari siswa anak usia dini dengan jumlah reponden 32 orang. Adapun angket yang digunakan dalam penelitian ini terdapat 25 pernyataan. Dalam penelitian ini dalam penelitian ini peneliti menentukan 4 alternatif skala jawaban yakni sangat setuju (SS), setuju (S), netral (N), tidak setuju (TD).Downloads
Published
2022-08-12
How to Cite
Pratiwi, D., Respati, R. ., & Loita, . A. . (2022). Analisis Persepsi Orang Tua Terhadap Pendidikan Musik Untuk Anak Usai Dini. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 3012–3016. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5972
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Dini Pratiwi, Aini Loita, Resa Respati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).