Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X di SMKN 5 Kota Madiun
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5825Abstract
Matematika merupakan mata palajaran umum. Selain itu penerapan matematika juga sebagai alat bantu dalam memecahkan masalah kehidupan masyarakat. Di SMK Negeri 5 Kota Madiun prestasi belajar siswa khususnya kelas X tergolong rendah, terlihat dari nilai ulangan harian yang berada dibawah nilai KKM yaitu 77. Sedangkan siswa yang nilainya melebihi KKM masih jauh dari harapan. Disaat guru menjelaskan siswa kurang memperhatikan, cenderung pasif dalam pembelajaran. Model pembelajaran kooperatif yang memberikan kebebasan berpendapat, berfikir,dan belajar dengan cara berkelompok dengan siswa lainnya, lebih efektif dan siswa belajar bertanggng jawab kepada anggotanya adalah model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together. Tujuan dari penelitian adalah (1) Untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas X di SMK N 5 Kota Madiun.(2) Untuk mengetahui seberapa besar efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas X di SMK N 5 Kota Madiun. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMK N 5 Kota Madiun. Sampel penelitian adalah siswa kelas X OTP 3 kelas eksperimen dan X OTP 1 kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data (1) Studi dokumenter (2) Tes. Teknik analisis data yaitu uji t-test. Hasil penelitian menunjukan (1) Model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) efektif terhadap peningkatan prestasi belajar matematika siswa kelas X di SMK N 5 Kota Madiun dengan (2,017) > (1,672). (2) besarnya efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas X di SMK N 5 Kota Madiun adalah sebesar , pada tabel interprestasi Cohen’s adalah 69% (tergolong sedang). Kata kunci: efektivitas model pembelajaran, pembelajaran model kooperatif, Number head Together, prestasi belajarDownloads
Published
2022-08-03
How to Cite
Pratama, Y. A., Sanusi, S., & Darmadi, D. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X di SMKN 5 Kota Madiun. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2521–2530. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5825
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Yoga Adi Pratama, Sanusi Sanusi, Darmadi Darmadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).