Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik

Authors

  • Temiyati Temiyati Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Nuryadi Nuryadi Universitas Mercu Buana Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5822

Abstract

LKPD merupakan bahan ajar yang menjadi salah satu faktor untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis PBL untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan untuk mengetahui kualitas LKPD dilihat dari aspek kevalidan, kepraktisan dan kefektifan. Penelitian ini merupakan jenis  penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini subjek yang digunakan adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan tahapan meliputi Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasilnya menunjukkan bahwa: (1) dihasilkan LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VIII SMP dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang memuat sintak PBL dan indikator kemampuan berpikir kritis. (2) kualitas LKPD dilihat dari aspek kevalidan termasuk dalam kategori valid dengan skor rata-rata ahli materi sebesar 67.5 (sangat baik) dan skor rata-rata ahli media sebesar 67 (sangat baik) (3) LKPD dilihat dari aspek kepraktisan termasuk dalam kategori praktis dengan skor rata-rata respon peserta didik sebesar 80 (sangat baik) (4) LKPD dilihat dari peningkatan nilai pretest ke posttest kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol  dalam kategori efektif.

Downloads

Published

2022-08-03

How to Cite

Temiyati, T., & Nuryadi, N. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2483–2492. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5822