Efektivitas Penggunaan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5391Abstract
Pemahaman konsep merupakan kemampuan seseorang untuk memahami makna dari sesuatu yang diketahui serta dapat menguraikan dalam bentuk yang lain. Seiring dengan perkembangan teknologi, guru dapat menggunakan bahan ajar yang berbantuan teknologi untuk memudahkan dalam penyampaian materi dan menarik minat peserta didik. Salah bahan ajar yang berbantuan elektronik yaitu LKPD elektronik atau biasa disingkat dengan E-LKPD. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penggunaan E-LKPD berbasis PBL untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain pretest posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Suboh, sedangkan untuk sampelnya yaitu kelas VIIIB dan VIIIC. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, serta soal pretest dan posttest pemahaman konsep peserta didik pada materi statistika. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan E-LKPD berbasis PBL terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep statistika peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan E-LKPD berbasis PBL efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik.Downloads
Published
2022-07-06
How to Cite
Wulansari, . R. D. ., & Nuryadi, N. (2022). Efektivitas Penggunaan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 338–344. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5391
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Riskiyanti Dwi Wulansari, Nuryadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).