Efektivitas Penggunaan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik

Authors

  • Riskiyanti Dwi Wulansari Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Nuryadi Nuryadi Universitas Mercu Buana Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5391

Abstract

Pemahaman konsep merupakan kemampuan seseorang untuk memahami makna dari sesuatu yang diketahui serta dapat menguraikan dalam bentuk yang lain. Seiring dengan perkembangan teknologi, guru dapat menggunakan bahan ajar yang berbantuan teknologi untuk memudahkan dalam penyampaian materi dan menarik minat peserta didik. Salah bahan ajar yang berbantuan elektronik yaitu LKPD elektronik atau biasa disingkat dengan E-LKPD. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penggunaan E-LKPD berbasis PBL untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain pretest posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Suboh, sedangkan untuk sampelnya yaitu kelas VIIIB dan VIIIC. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, serta soal pretest dan posttest pemahaman konsep peserta didik pada materi statistika. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan E-LKPD berbasis PBL terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep statistika peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan E-LKPD berbasis PBL efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik.

Downloads

Published

2022-07-06

How to Cite

Wulansari, . R. D. ., & Nuryadi, N. (2022). Efektivitas Penggunaan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 338–344. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5391