Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Padlet Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMP N 3 Kembang

Authors

  • Nabilla Afrasalma Pratama Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Nuryadi Nuryadi Universitas Mercu Buana Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5225

Abstract

Perlunya memanfaatkan media pembelajaran yang menarik seiring berkembangnya teknologi dan informasi hal tersebut memberikan pengaruh bagi hasil prestasi belajar bagi siswa. Salah satu media pembelajaran tersebut adalah Padlet. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran Padlet untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SMP Negeri 3 Kembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan metode eksperimen kuasi dan desain penelitian yang digunakan adalah non equivalent control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kembang. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII D yaitu sebagai kelas eksperimen dan VIII F yaitu sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, soal pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan media pembelajaran Padlet lebih efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini didukung dengan hasil analisis data dimana berdasarkan uji independent sample t-test menunjukkan signifikansi 2-tailed kurang dari taraf signifikansi (0,038 < 0,050), yang berarti penggunan media Padlet lebih efektif daripada penggunaan media WhatsApp Group. Oleh karena itu, prestasi belajar siswa dapat meningkat dengan penggunaan media pembelajaran Padlet.

Downloads

Published

2022-07-05

How to Cite

Pratama, . N. A. ., & Nuryadi, N. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Padlet Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMP N 3 Kembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 320–325. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5225