Keterampilan Menulis Karangan Persuasif dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas VIII SMPN 12 Kota Komba Manggarai Timur Tahun Ajaran 2021/2022

Authors

  • Hawiah Djumadin Universitas Flores
  • Rosa Dalima Bunga Universitas Flores

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5784

Abstract

  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan keterampilan menulis karangan persuasif dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas VIII SMPN 12 kota komba manggarai timur. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, karena berhubungan dengan angka-angka. Pendekatan ini dipilih untuk mengetahui kemampuan siswa dalam keterampilan menulis karangan persuasif dengan menggunakan media gambar.. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode tes. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes, untuk mengukur ada atau tidaknya serta besar kemampuan objek yang diteliti. Tes yang diberikan adalah tes tertulis (esay tes).  Artinya, peneliti mengajak siswa mengamati gambar yang telah disiapkan, siswa diminta untuk menulis karangan persuasif sesuai dengan  gambar tersebut. Guru menyiapkan media berupa gambar untuk dibagikan kepada siswa. Penilaian yang dimaksudkan adalah judul,kesesuaian isi karangan dengan gambar, penggunaan ejaan, keefektifan kalimat. Hasil penelitian menunjukan siswa yang mampu menulis karangan persuasif dengan menggunakan media gambar mencapai 29 orang atau 82,85 % dari jumlah siswa sampel 35 orang, dan siswa yang belum mampu menulis karangan persuasif menggunakan media gambar adalah 6 orang atau 17,14 % dari jumlah siswa sampel 35 orang.

Downloads

Published

2022-08-09

How to Cite

Djumadin, H., & Bunga, R. D. . (2022). Keterampilan Menulis Karangan Persuasif dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas VIII SMPN 12 Kota Komba Manggarai Timur Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2800–2812. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5784