Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 138 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5614Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe learning together terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 138 Palembang. Populasi peneli tian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SD Negeri 138 Palembang sebanyak 4 kelas yang berjumlah 102 siswa, diambil sampel sebanyak dua kelas yaitu kelas IV.B sebagai kelas eksperimen sebanyak 26 siswa dan kelas IV.C sebanyak 25 siswa sebagai kelas kontrol. Metode penelitian ini adalah eksperimen. Desain yang digunakan adalah Posttest-Only Control Design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t (Independent Sample T Test). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa nilai thitung sebesar 7,710 sedangkan ttabel dengan df 49 dengan taraf 0,05 maka ttabel = 1,676. Jadi dinyatakan bahwa thitung > ttabel = 7,710 > 1,676 sehingga thitung dinyatakan signifikan dimana HO ditolak dan Ha diterima. maka kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe learning together terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 138 Palembang.Downloads
Published
2022-07-23
How to Cite
Sasmita, I. ., Surmilasari, N. ., & Kuswidyanarko, A. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 138 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1806–1812. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5614
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ike Sasmita, Nora Surmilasari, Arief Kuswidyanarko
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).