Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 138 Palembang

Authors

  • Ike Sasmita Universitas PGRI Palembang
  • Nora Surmilasari Universitas PGRI Palembang
  • Arief Kuswidyanarko Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5614

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe learning together terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 138 Palembang. Populasi peneli tian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SD Negeri 138 Palembang sebanyak 4 kelas yang berjumlah 102 siswa, diambil sampel sebanyak dua kelas yaitu kelas IV.B sebagai kelas eksperimen sebanyak 26 siswa dan kelas IV.C sebanyak 25 siswa sebagai kelas kontrol. Metode penelitian ini adalah eksperimen. Desain yang digunakan adalah Posttest-Only Control Design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t (Independent Sample T Test). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa nilai thitung sebesar 7,710 sedangkan ttabel dengan df 49 dengan taraf 0,05 maka ttabel = 1,676. Jadi dinyatakan bahwa thitung  >  ttabel = 7,710 > 1,676 sehingga  thitung dinyatakan signifikan dimana HO ditolak dan Ha diterima. maka kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe learning together terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 138 Palembang.

Downloads

Published

2022-07-23

How to Cite

Sasmita, I. ., Surmilasari, N. ., & Kuswidyanarko, A. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 138 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1806–1812. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5614