Penggunaan Permainan Gambar Warna Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Anak Di Paud Arrayyan Palembang

Authors

  • Puput Wulandari Universitas PGRI Palembang
  • Evia Darmawani Universitas PGRI Palembang
  • Rahmah Novianti Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.11376

Abstract

Penelitian ini tujuannya untuk mengetahui penggunaan permainan gambar warna didalam menumbuhkan minat belajar anak di Paud Arrayan Palembang. Lokasi penelitian dilaksanakan di PAUD Arrayan Palembang dimana alamatnya di Jl. Kancil Putih Gg. Bersama 8 Kecamatan Alang-Alang Lebar Kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah anak PAUD kelompok B, yakni 15 anak dan sampel penelitiannya yaitu 7 anak pada kelompok B2. Penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dan pembahasan yang telah dipaparkan oleh peneliti tentang “Penggunaan Permainan Gambar Warna Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Anak Di Paud Arrayan Palembang” bisa disimpulkannya bahwa: masalah atau hambatan dalam Keterlaksanaan Permainan Gambar Warna diantaranya: 1) Minimnya pengetahuan tentang permainan gambar warna, 2) Fasilitas yang kurang memadai, 3) Kreativitas guru yang kurang sehingga pembelajaran jadi monoton, 4) Takut akan kotor sehingga guru dan anak jarang melakukan permainan warna. Adapun manfaat dalam Keterlaksanaan Permainan Gambar Warna diantaranya: 1) Anak menjadi rajin mengerjakan tugas yang diberikan guru, 2) Anak menjadi semakin berminat dalam belajar saat guru menjelaskan, 3) Anak fokus ketika mengamti apa yang dijelakan guru, 4. Guru lebih tertarik menggunakan permainan warna untuk menarik minat belajar anak

Downloads

Published

2023-03-02

How to Cite

Wulandari, P., Darmawani, E. ., & Novianti, R. . (2023). Penggunaan Permainan Gambar Warna Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Anak Di Paud Arrayyan Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 52–58. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.11376