Pengaruh Perhatian Orang Tua dalam Kegiatan Belajar Terhadap Prestasi Siswa Kelas X SMK Kristen Tagari Kabupaten Toraja Utara

Authors

  • Safril Safril Universitas Kristen Indonesia
  • Hotmaulina Sihotang Universitas Kristen Indonesia
  • Bintang R. Simbolon Universitas Kristen Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5599

Abstract

Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK Kristen Tagari Kabupaten Toraja Utara.  Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 15 siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian expos fakto. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan teknik dokumentasi, dan angket tertutup dengan menggunakan skala likert dengan 4 alternatif jawaban. Perhitungan pengujian hipotesis menggunakan bantuan program SPSS versi 22.Teknik pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi, dan uji prasyarat yaitu uji normalitas dengan One Sample Kolmogorov-Smirnov dan uji liniearitas.  Hasil penelitian menunjukkan pengujian hipotesis dengan taraf signifikansi 5% Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai R yang merupakan simbol dari nilai koefisien korelasi sebesar 0,163. Sedangkan nilai R Square atau koefisien determinasi sebesar 0,027 atau 2,7% Hasil ini membuktikan bahwa perhatian orangtua memiliki hubungan sebesar 2,7% dengan prestasi belajar siswa Kelas X SMK Kristen Tagari tahun ajaran 2021/2022 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa 2,7% hasil belajar siswa dipengaruhi oleh perhatian orang tuanya. Sedangkan 97,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Jadi dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan antara perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK Kristen Tagari.

Downloads

Published

2022-07-22

How to Cite

Safril, S. ., Sihotang, H. ., & Simbolon, B. R. . (2022). Pengaruh Perhatian Orang Tua dalam Kegiatan Belajar Terhadap Prestasi Siswa Kelas X SMK Kristen Tagari Kabupaten Toraja Utara. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1726–1732. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5599