Pengaruh Perhatian Orang Tua dalam Kegiatan Belajar Terhadap Prestasi Siswa Kelas X SMK Kristen Tagari Kabupaten Toraja Utara
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5599Abstract
Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK Kristen Tagari Kabupaten Toraja Utara. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 15 siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian expos fakto. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan teknik dokumentasi, dan angket tertutup dengan menggunakan skala likert dengan 4 alternatif jawaban. Perhitungan pengujian hipotesis menggunakan bantuan program SPSS versi 22.Teknik pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi, dan uji prasyarat yaitu uji normalitas dengan One Sample Kolmogorov-Smirnov dan uji liniearitas. Hasil penelitian menunjukkan pengujian hipotesis dengan taraf signifikansi 5% Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai R yang merupakan simbol dari nilai koefisien korelasi sebesar 0,163. Sedangkan nilai R Square atau koefisien determinasi sebesar 0,027 atau 2,7% Hasil ini membuktikan bahwa perhatian orangtua memiliki hubungan sebesar 2,7% dengan prestasi belajar siswa Kelas X SMK Kristen Tagari tahun ajaran 2021/2022 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa 2,7% hasil belajar siswa dipengaruhi oleh perhatian orang tuanya. Sedangkan 97,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Jadi dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan antara perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK Kristen Tagari.Downloads
Published
2022-07-22
How to Cite
Safril, S. ., Sihotang, H. ., & Simbolon, B. R. . (2022). Pengaruh Perhatian Orang Tua dalam Kegiatan Belajar Terhadap Prestasi Siswa Kelas X SMK Kristen Tagari Kabupaten Toraja Utara. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1726–1732. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5599
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Safril, Hotmaulina Sihotang, Bintang R. Simbolon
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).