Pengaruh Aktivitas Belajar Menggunakan Media Buku Gambar Bercerita Terhadap Peningkatan Kosa Kata Dasar Anak Di RA Dharma Wanita Oku Selatan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5570Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh Media Buku Gambar Becerita Terhadap Peningkatan Kosa Kata Dasar Anak Di RA Dharma Wanita Okus, dengan variabel independent Media Buku Gambar Bercerita dan variabel dependent Kosa Kata Dasar Anak. Penelitian ini menggunakan One Group Pretest-Postest Design. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh kelas B di RA Dharma Wanita yang berjumlah 20 siswa, Dimana data yang di ambil melalui 3 langkah, yang pertama yaitu Pretest (test sebelum diberikan treatment, kedua Treatment (Pemberian perlakuan), Dan yang ketiga Postest (test setelah diberi perlakuan atau treatment). Teknik pengumpulan data menggunakan Cheklist atau observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik keabsaraan data pada penelitian ini menggunakan uji validitas, uji realibilitas, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji hepotesisi. Berdasarkan hasil yang didapat bahwa Peneraoan media buku gambar bercerita di kelas B RA Dharma Wanita Okus dapat dikategorikan Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Terpengaruh yang signifikasi antara media buku gambar bercerita terhadap peningkatan kosa kata dasar anak, yang diperoleh dengan t hitung = 6,8308 sedangkan dk=20-2=18 dengan taraf signifikan 5% sehingga didapat t tabel=2,02. Karena t hitung > t tabel (6,8308 > 2,072), maka kesimpulan Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya ada Pengaruh Media Buku Gambar Bercerita Terhadap Peningkatan Kosa Kata Dasar Anak Di RA Dharma Wanita Oku Selatan.Downloads
Published
2022-07-21
How to Cite
Sahidatun Azizah, Soraya, N. ., & Atika, N. . (2022). Pengaruh Aktivitas Belajar Menggunakan Media Buku Gambar Bercerita Terhadap Peningkatan Kosa Kata Dasar Anak Di RA Dharma Wanita Oku Selatan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1551–1558. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5570
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Sahidatun Azizah, Nyayu Soraya, Nyimas Atika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).