Pengaruh Permainan Tebak Warna Terhadap Kemampuan Konsentrasi Anak Usia Dini di TK Mekar Sari Kecamatan Sukarami Palembang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11452Abstract
Rendahnya kemampuan anak dalam koordinasi mata dan tangan serta kemampuan menggunakan jari jemari di TK Mekar Sari. Tujuan penelitian untuk menganalisi apakah terdapat pengaruh antara kegiatan terhadap kemampuan konsentrasi anak kelompok A di TK Mekar sari Sukarami. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Jenis penelitian adalah Quassy Eksperimental Desain. Sampel pada penelitian ini berjumlah 18 anak kelas A dan B di TK Mekar sari Sukarami. Kelompok eksperimen menggunakan kegiatan kolase dan kelompok kontrol menggunakan kegiatan mewarnai. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes tidak terstruktur. Teknis analisis pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis t test. Berdasarkan hasil yang didpata bahwa terdapat hasil perbedaan nilai rata-rata setelah diterapkan kegiatan tebak warna dimananilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 61,39 sedangkan kelompok kontrol 65,67 kemudian berdasarkan perhitungan dimana nilai ttabel untuk taraf signifikan 5% sebesar 2,055. Dapat disimpulkan bahwa nilai thitung>ttabel (0,212>0,271), maka kesimpulannya Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya permainan tebak warna memliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan konsentrasi anak kelompok B di TK Mekar sari Sukarami.Downloads
Published
2023-01-13
How to Cite
Waladiya, S. ., setyaningsih, K. ., Atika, N. ., Oviyanti, F. ., & Dewi, K. . (2023). Pengaruh Permainan Tebak Warna Terhadap Kemampuan Konsentrasi Anak Usia Dini di TK Mekar Sari Kecamatan Sukarami Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2967–2976. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11452
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Selvi Waladiya, Kris setyaningsih, Nyimas Atika, Fitri Oviyanti, Kurnia Dewi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).