Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Ppkn Kelas IV SD Negeri 137 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5464Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah siswa kesulitan pada pembelajaran PPKN dilihat dari nilai ulangan harian siswa dan nilai KKM di bawah rata-rata siswa di SD Negeri 137 Palembang yaitu 65, sehingga siswa kurang memahami pembelajaran PPKN materi kewajiban dan hak dalam kehidupan sehari-hari, peneliti membahas faktor-faktor kesulitan dalam pembelajaran PPKN dengan memberikan tes sebagai alat ukur untuk mengetahui bentuk kesulitan nyata yang ditimbulkan dari siswa sendiri, lingkungan dan sekolah. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana faktor-faktor kesulitan belajar siswa pada pembelajaran PPKN kelas IV SD Negeri 137 Palembang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data deskriptif kuantitatif dan pembahasan yang diperoleh persentase kesulitan belajar siswa pada pembelajaran PPKN materi kewajiban dan hak dalam kehidupan sehari-hari dari tiga (3) indikator kesulitan belajar yaitu siswa kesulitan dalam mengidentifikasi perilaku-perilaku yang menunjukkan pelaksanaan kewajiban dan hak dalam kehidupan sehari-hari sebesar 76% kriteria tinggi, kesulitan dalam menemukan contoh perilaku yang menunjukkan pelaksanaan kewajiban dan hak dalam kehidupan sehari-hari sebesar 58% kriteria cukup dan kesulitan dalam membedakan kewajiban dan hak dalam kehidupan sehari-hari sebesar 14% dengan kriteria sangat rendah.Downloads
Published
2022-07-20
How to Cite
Elfira, D., Imansyah, F., & Hera, T. . (2022). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Ppkn Kelas IV SD Negeri 137 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1456–1460. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5464
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Dona Elfira, Farizal Imansyah, Treny Hera
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).