Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Ppkn Kelas IV SD Negeri 137 Palembang

Authors

  • Dona Elfira Universitas PGRI Palembang
  • Farizal Imansyah Universitas PGRI Palembang
  • Treny Hera Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5464

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah siswa kesulitan pada pembelajaran PPKN dilihat dari nilai ulangan harian siswa dan nilai  KKM di bawah rata-rata  siswa di SD Negeri 137 Palembang yaitu 65, sehingga siswa kurang memahami pembelajaran PPKN materi kewajiban dan hak dalam kehidupan sehari-hari, peneliti membahas faktor-faktor kesulitan dalam pembelajaran PPKN dengan memberikan tes sebagai alat ukur untuk mengetahui bentuk kesulitan nyata yang ditimbulkan dari siswa sendiri, lingkungan dan sekolah. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana faktor-faktor kesulitan belajar siswa pada pembelajaran PPKN kelas IV SD Negeri 137 Palembang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data deskriptif kuantitatif dan pembahasan yang diperoleh persentase kesulitan belajar siswa pada pembelajaran PPKN materi kewajiban dan hak dalam kehidupan sehari-hari dari tiga (3) indikator kesulitan belajar yaitu siswa kesulitan dalam mengidentifikasi perilaku-perilaku yang menunjukkan pelaksanaan kewajiban dan hak dalam kehidupan sehari-hari sebesar 76% kriteria tinggi, kesulitan dalam menemukan contoh perilaku yang menunjukkan pelaksanaan kewajiban dan hak dalam kehidupan sehari-hari sebesar 58% kriteria cukup dan kesulitan dalam membedakan kewajiban dan hak dalam kehidupan sehari-hari sebesar 14% dengan kriteria sangat rendah.

Downloads

Published

2022-07-20

How to Cite

Elfira, D., Imansyah, F., & Hera, T. . (2022). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Ppkn Kelas IV SD Negeri 137 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1456–1460. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5464