Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Antara Siswa yang Mendapat Pembelajaran Discovery Learning dan Pembelajaran Inkuiri Di Sekolah Dasar

Authors

  • Asri Agustin Universitas PGRI Palembang
  • Nila Kesumawati Universitas PGRI Palembang
  • Marvinda Rizki Dita Dirgantara Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5424

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang mendapat pembelajaran discovery learning dan pembelajaran inkuiri siswa dikelas V pada Materi Bangun Ruang di SDN 91 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode discovery learning dengan desain postest only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Negeri 91 Palembang berjumlah 72 orang, sedangkan sampel penelitian adalah siswa kelas V.A dan V.B dengan jumlah masing-masing sebanyak 24 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes sebagai instrument primer, sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan independent sampel T-test. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang mendapat pembelajaran Discovery learning dan pembelajaran Inkuiri siswa kelas V pada materi Bangun Ruang di SDN 91 Palembang.

Downloads

Published

2022-07-17

How to Cite

Agustin, A. ., Kesumawati, N. ., & Dirgantara, M. R. D. . (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Antara Siswa yang Mendapat Pembelajaran Discovery Learning dan Pembelajaran Inkuiri Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1225–1231. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5424