Pengembangan LKPD Berbasis Kearifan Lokal Kota Palembang Tema Lingkungan Sahabat Kita Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Rama Fitri Destiana Universitas PGRI Palembang
  • Misdalina Misdalina Universitas PGRI Palembang
  • Putri Dewi Nurhasana Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5408

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD dengan berbasis kearifan lokal kota Palembang tema lingkungan sahabat kita kelas V sekolah dasar. Metodologi dalam penelitian ini ialah jenis penelitian Research And Development (R&D) dengan Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Populasi pada penelitian ini ialah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 22 Palembang, sampelnya ialah siswa kelas V.B. Adapun teknik dalam mengumpulkan data pada penelitian ini ialah observasi, wawancara, dan angket. Berdasarkan penelitian sudah dilakukan pengembangan LKPD berbasis kearifan lokal kota Palembang yang dapat dilihat dari skor persentase dari ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa yang secara berututan ialah 91.87%, 94.28%, dan 93% yang termasuk dalam kategori sangat valid. Untuk kepraktisan LKPD diperoleh dari angket tanggapan guru dan angket respon peserta didik dengan skor persentase secata berturut-turut ialah 95.5% dan 92.4% yang termasuk dalam kategori sangat praktis. Untuk keefektifan LKPD diperoleh hasil berdasarkan hasil posttest ialah 95% termasuk dalam kategori sangat efektif dan dapat dikatakan mempunyai efek potensial.

Downloads

Published

2022-07-16

How to Cite

Destiana, R. F. ., Misdalina, M. ., & Nurhasana, P. D. . (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Kearifan Lokal Kota Palembang Tema Lingkungan Sahabat Kita Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1147–1155. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5408