Pengaruh Bimbingan Klasikal Terhadap Perencanaan Karir Siswa Di Sma Negeri 1 Tambang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5329Abstract
Perencanaan karir merupakan cara yang digunakan individu untuk membuat suatu rancangan kegiatan dalam upaya mempersiapkan karir dimasa depan, dengan berbagai langkah dan cara alternatif mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dengan demikian aktivitas perencanaan karir sangat penting bagi siswa menengah atas terutama untuk membangun sikap siswa dalam menempuh karirnya dimasa depan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah layanan bimbingan klasikal berpengaruh terhadap perencanaan karir siswa di SMA Negeri 1 Tambang. Jenis penelitian ini quasi-eskperimen design. Penelitian ini menggunakan rancangan dengan bentuk one group pretest-posttest. Subjek penelitian sebanyak 30 orang siswa kelas XI IPS yang memiliki perencanaan karir rendah berdasarkan skala pengukuran perencanaan karir dengan pertemuan sebanyak 6 kali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) tingkat perencanaan karir siswa sebelum diberikan bimbingan klasikal berada pada kategori rendah dan sesudah diberikan bimbingan klasikal berada pada kategori tinggi, 2) perbedaan perencanaan karir yang signifikan sebelum dengan sesudah diberikan bimbingan klasikal, dengan demikian bimbingan klasikal dapat meningkatkan perencanaan karir siswa., dan 3) terdapat pengaruh positif bimbingan klasikal terhadap perencanaan karir siswa.Downloads
Published
2022-07-10
How to Cite
Herga Melka Afriana, Yakub, E. ., & Khadijah, K. . (2022). Pengaruh Bimbingan Klasikal Terhadap Perencanaan Karir Siswa Di Sma Negeri 1 Tambang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 804–809. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5329
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Herga Melka Afriana, Elni Yakub, Khairiyah Khadijah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).