Pendidikan Akhlak Pada Anak Tuna Daksa di SDN Mojoroto 1 Kota Kediri
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5299Abstract
Kasus kekerasan pada anak di rumah akan mempengaruhi akhlak anak dalam kehidupan sehari-hari, seperti berkata kasar atau berkata yang sifatnya mengancam kepada teman-temannya di sekolah. Maka diperlukan peran orang tua dalam pendidikan akhlak anak sangat penting diterapkan dalam lingkungan keluarga, sehingga anak akan berkembang secara kognitif, afektif, psikomotorik dan perkembangan mental atau sikap yang lebih baik lagi. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu dengan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Selain itu, metode dokumentasi dan wawancara dengan cara triangulasi, yaitu dengan mencari data yang bersumber dari siswa, orang tua dan kepala sekolah. Anak tuna daksa memiliki permasalahan dalam belajarnya antara lain : kurangnya motivasi, keterbatasan intelegensi, rendahnya tingkat penerimaan anak tuna daksa dalam keluarga, dan perkembangan sosial emosional. Maka dibutuhkan metode dan strategi yang cocok untuk anak tuna daksa diantaranya : pembelajaran harus bersifat bersifat rekreatif, fungsional, guidance, dan aman. Selanjutnya, anak tuna daksa juga memerlukan bimbingan dan konseling untuk guru harus memberikan ruang yang nyaman untuk anak tuna daksa yang menginginkan bimbingan konseling dan keterampilan vokasional bagi anak Tunadaksa sangat diperlukan. Terlebih lagi yang paling penting dalam kehidupan anak tuna daksa adalah pendidikan akhlaknya. Maka perlu adanya peran guru dan orangtua dalam mendidik anak tuna daksa, agar menjadi anak yang lebih baik lagi.Downloads
Published
2022-07-08
How to Cite
Zakiyah, U. L. ., Mahmudah, S. ., & Aisah, S. . (2022). Pendidikan Akhlak Pada Anak Tuna Daksa di SDN Mojoroto 1 Kota Kediri. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 664–671. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5299
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Umi Lailatuz Zakiyah, Siti Mahmudah, Siti Aisah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).