Pengembangan LKPD Berbasis Problem Solving Tema 5 Pengalamanku Subtema 4 Pengalaman Yang Berkesan Pada Siwa Kelas 1 SDIT Cukir Kec. Diwek Kab. Jombang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4806Abstract
Penelitian Pengembangan ini didasari oleh latar belakang karena kurangnya keterampilan berpikir kritis melalui fitur pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Solving untuk menunjang pembelajaran Tema 5 Pengalamanku Subtema 4 Pengalaman Yang Berkesan Pada Siwa Kelas 1 di SDIT Cukir. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas 1 SDIT Cukir Kec. Diwek Kab. Jombang Tahun Pelajaran 2021/2022. Data penelitian ini diperoleh melalui hasil tes pemahaman pelajaran tematik kelas 1. Objek penelitian ini adalah LKPD berbasis problem solving. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menyatakan bahwa rancang bangun media pembelajaran LKPD problem solving tahap awal dilakukan dengan menganalisis beberapa aspek yakni, Analisis kebutuhan, Analisis kurikulum, Analisis media pelajaran (bahan ajar), dan Analisis karakteristik peserta didik. Tahap terakhir adalah tahap kelima yaitu Evaluation atau evaluasi. Hasil penilaian ahli materi mencapai rata-rata 4,0 dinyatakan valid dan layak ujicoba, hasil penilaian ahli media mencapai rata-rata 3,6 dan hasil penilaian dari ahli bahasa mencapai rata-rata 3,8 sehingga memperoleh skor rata-rata 3,8 dari semua para ahli dan memperoleh kategori valid. Hasil validasi tahap II pada ahli media mencapai rata-rata 4,0 dan hasil penilaian dari ahli bahasa mencapai rata- rata4,0 sehingga memperoleh skor rata-rata 4,0 dari semua para ahli dan memperoleh kategori Valid. Berdasarkan uji validitas tersebut pengembangan LKPD berbasis problem solving layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran.Downloads
Published
2022-06-20
How to Cite
Apriyanti, . R. ., mahmudah , S. ., & FN, Y. E. . (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Solving Tema 5 Pengalamanku Subtema 4 Pengalaman Yang Berkesan Pada Siwa Kelas 1 SDIT Cukir Kec. Diwek Kab. Jombang . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1290–1295. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4806
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Rizki Apriyanti, Siti mahmudah, Yayuk Elma FN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).