Pengembangan LKPD Berbasis Problem Solving Tema 5 Pengalamanku Subtema 4 Pengalaman Yang Berkesan Pada Siwa Kelas 1 SDIT Cukir Kec. Diwek Kab. Jombang

Authors

  • Rizki Apriyanti UNHASY
  • Siti mahmudah UNHASY
  • Yayuk Elma FN UNHASY

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4806

Abstract

Penelitian Pengembangan ini didasari oleh latar belakang karena kurangnya keterampilan berpikir kritis melalui fitur pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Solving untuk menunjang pembelajaran Tema 5 Pengalamanku Subtema 4 Pengalaman Yang Berkesan Pada Siwa Kelas 1 di SDIT Cukir. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas 1 SDIT Cukir Kec. Diwek Kab. Jombang Tahun Pelajaran 2021/2022. Data penelitian ini diperoleh melalui hasil tes pemahaman pelajaran tematik kelas 1. Objek penelitian ini adalah LKPD berbasis problem solving.  Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menyatakan bahwa rancang bangun media pembelajaran LKPD problem solving tahap awal dilakukan dengan menganalisis beberapa aspek yakni, Analisis kebutuhan, Analisis kurikulum, Analisis media pelajaran (bahan ajar), dan Analisis karakteristik peserta didik. Tahap terakhir adalah tahap kelima yaitu Evaluation atau evaluasi. Hasil penilaian ahli materi mencapai rata-rata 4,0 dinyatakan valid dan layak ujicoba, hasil penilaian ahli media mencapai rata-rata 3,6 dan hasil penilaian dari ahli bahasa mencapai rata-rata 3,8 sehingga memperoleh skor rata-rata 3,8 dari semua para ahli dan memperoleh kategori valid. Hasil validasi tahap II pada ahli media mencapai rata-rata 4,0 dan hasil penilaian dari ahli bahasa mencapai rata- rata4,0 sehingga memperoleh skor rata-rata 4,0 dari semua para ahli dan memperoleh kategori Valid. Berdasarkan uji validitas tersebut pengembangan LKPD berbasis problem solving layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Downloads

Published

2022-06-20

How to Cite

Apriyanti, . R. ., mahmudah , S. ., & FN, Y. E. . (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Solving Tema 5 Pengalamanku Subtema 4 Pengalaman Yang Berkesan Pada Siwa Kelas 1 SDIT Cukir Kec. Diwek Kab. Jombang . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1290–1295. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4806